Sukses

Lifestyle

Seru! Mulai dari Keliling Naik Vespa hingga Tur Misteri, Ini 6 Wisata Unik di Singapura

Fimela.com, Jakarta Singapura kerap dikenal dengan wisata modern seperti belanjaan dan pemandangan gedung mewah. Tak hanya itu, Negeri Singa ini juga menawarkan hal unik dan sisi menariknya melalui berbagai kegiatan seru yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Bagaimana tidak? Banyak operator tur kreatif yang merancang tur sedemikian rupa dengan anti-mainstream sehingga memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan.

Tur ini mengajak wisatawan untuk melihat dan merasakan kehangatan dan keramahan warga lokal Singapura, nostalgia masa lalu, malam yang seru bahkan sisi horor yang jarang terungkap. Bagi yang baru pertama kali berkunjung ke Singapura, tur-tur tersebut dapat membantu untuk menghemat waktu dalam menyusun jadwal perjalanan seru di Singapura.

Sementara, bagi yang sudah pernah berkujung, sejumlah tur unik ini bisa dijadikan salah satu tempat untuk suatu pengalaman baru dengan sisi berbeda dari tempat wisata yang terkenal. Dilansir keterangan pers Singapore Tourism Board (STB), Jumat (19/11), berikut 6 tur wisata anti-mainstream dan unik di Singapura.

1. Tur Keliling Naik Vespa Gandeng

Terdapat kendaraan unik yang bisa menjadi salah satu pilihan dalam menjelajahi Singapura dengan cara berbeda, yakni motor Vespa. Operatur tur motor Vespa ini bernama Singapore Sidecars. Lebih uniknya lagi, Vespa tersebut telah dimodifikasi menjadi motor gandeng. Alih-alih duduk di belakang pengemudi dan pemandu tur, justru wisatawan bisa duduk disamping pengemudi dalam kompartemen khusus yang nyaman dan aman.

Durasi untuk tur Vespa ini sekitar satu sampai tiga jam dan pilihannya berkeliling distrik istimewa seperti Kampong Glam, peranakan Joo Chiat dan Tiong Bahru dan masih banyak lagi. Peserta tur pun dapat memilih sendiri tema tur yang diinginkan, misalnya tema artsitektur, seni dan desain, budaya, kuliner, alam, petuangan dan sebagainya. Motor Vespa juga menjadi kendaraan yang cocok untuk berkeliling lorong-lorong jalanan yang ramai di Singapura.

2. Tur Kuliner dari Kebun ke Meja Makan

Tur menarik yang satu ini bisa membuat wisatawan asal muasal makanan yang ada di atas piring. Wok n Stroll menyelenggarakan tur unik yang bertajuk Farm to Table atau dari kebun ke meja makan. Dalam lima jam, sebelum pengunjung makan akan diajak ke perkebunan herbal, buah dan sayuran di Singapura. Lokasi perkebunan tersebut begitu menarik, sebab berada di kota modern yang terkenal akan gedung pencakar langit.

Disana ada banyak perkebunan seperti jamur merah jambu, kebun herbal khas India, bisa belajar menanam wheatgrass atau rumput gandum dari wirausaha mandiri serta perkebunan komunitas di Dempsey. Hingga akhirnya, makanan bisa langsung disantap dari hasil perkebunan lokal tersebut. Bersantap sambil menambah ilmu pengetahuan tentang pangan bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan dari Singapura.

3. Tur Singapore After Dark

Setelah matahari terbenam dan lampu kota berganti menjadi gemerlap, kehidupan di Singapura semakin seru. Dalam mengunjungi tur ini, siapkan sepatu sneakers untuk menjelajahi tur Singapore After Dark. Tur akan dimulai dengan makan malam bersama di pusat jajanan kuliner di Telok Ayer, menelusuri sepanjang Singapore River, berkunjung ke bar atap di Boat Quay dan pusat pesta Clarke Quay. Pemandu pun ikut membantu dan menjelaskan terkait semua lokasi yang dikunjungi.

4. Tur Nostalgia Zaman Dulu

Latar belakang Singapore’s Disappearing Trade Tour akan membuat pengunjung merasakan hidup di Singapura pada era 1960-1980-an dengan berkunjung ke berbagai pabrik tradisional. Mulai dari kedai kopi dan panggang kopi tradisional, pembuat rumah kertas yang identik dengan sembahyang peranakan Tionghoa sampai pabrik roti yang masih bertahan di Singapura. Tur ini dapat dikatakan sangat menarik terutama bagi pecinta sejarah dan orangtua yang ingin bernostalgia masa lalu yang penuh kenangan.

5. Tur Horor Mistis

Dikenal sebagai kota modern dengan gemerlap cahaya dari gedung pencakar langit, Singapura memiliki sisi lain yang berbeda dan seru untuk ditelusuri, yakni sisi mistis yang bisa dibilang menyeramkan.

Pengalaman seru ini dapat dirasakan melalui tur Creepy Tales of Singapore. Pemandu akan mengajak pergi ke tempat-tempat legenda urban yang terkenal di Singapura seperti pemakaman kuno dan lokasi yang berhubungan dengan tragedi Perang Dunia II. Tak hanya itu, tur ini bahkan dilengkapi dengan alat pendeteksi hantu modern agar memberikan kesan yang mendebarkan bagi pengunjung.

Namun, pastikan tubuh sedang dalam kondisi prima. Sebab tur ini diadakan pada malam hari dengan menjelajahi bukit, area tepi pantai dan medan lain yang perjalanannya berdurasi empat jam.

6. Tur Memecahkan Misteri ala Detektif di Chinatown

Chinatown Singapore terkenal sebagai salah satu tempat wisata aktivitas umum di Singapura seperti kulineran dan berbelanja. Namun, ada wisata yang berbeda di Chinatown dengan memberi pengalaman unik yang baru. Khususnya, bagi pecinta film detektif atau bermain escape room.

Tur ini bisa dicoba di Chinatown Murders – Outdoor Escape Room Game Tour, di mana tur ini akan mengajak pengunjung untuk memecahkan kasus fiksi yakni pembunuhan berantai di Chinatown. Satu tim berisikan dua sampai lima orang dengan pemandu yang akan memberikan sedikit petunjuk bagi kelompok.

Melalui tur ini, para peserta dapat mempelajari sejarah Chinatown Singapura melalui karakter fiksi dan cerita mereka. Dengan banyak ulasan yang baik, tur ini bahkan memenangkan Outstanding Tour Experience in Singapore Tourism Awards 2021.

Bagaimana Sahabat Fimela, menarik bukan? Simpan daftar sejumlah tur di atas hingga perjalanan wisata diperbolehkan kembali ya!

Penulis: Atika Riyanda Roosni

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading