Sukses

Lifestyle

Fimela Fest 2021: Tips dan Pengalaman Membangun Bisnis Bersama Sahabat dari Carline Darjanto dan Ria Sarwono

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar di antara kita pasti sudah tidak asing dengan COTTON INK. Clothing brand lokal ini ternyata digagas dan dibesarkan oleh sepasang sahabat, Carline Darjanto dan Ria Sarwono. Menjalankan bisnis bersama sahabat pastinya ada sejumlah tantangan tersendiri yang harus dihadapi.

Dalam Fimela Fest 2021 Inspiring Class: Starting Your Own Bussines with Bestie, Why Not? (Jumat, 19/11/2021), Carline dan Ria berbagai pengalaman sekaligus sejumlah kiat membangun bisnis bersama. Dalam sesi yang berlangsung selama 45 menit, Carline dan Ria juga membagikan banyak inspirasi terkait pengalaman keduanya sebagai rekan kerja sekaligus sahabat. Ada sejumlah tips juga yang mereka bagikan terkait perjalanan 13 tahun berbisnis bersama. Yuk, simak keseruannya di bawah ini.

Modal Awal Rp1 Juta

Carline dan Ria, sepasang sahabat ini sudah saling mengenal sejak duduk di bangku SMA. Awalnya mereka adalah teman belajar, sampai kemudian Carline mengajak Ria utnuk memulai bisnis.

"Inspirasinya adalah uang. Ingin cari uang tambahan, dan mengajak Ria," papar Carline. Menurut Carline, Ria punya banyak teman sehingga bisa sangat membantu untuk berjualan.

"Awalnya ingin membuat bisnis bersama teman," lanjut Carline. Dari bisnis yang tadinya "coba-coba" tidak menyangka kemudian mulai membuat produk yang berhubungan dengan dunia fashion perempuan.

Yang menarik lagi adalah modal awal yang mereka punya. "Modalnya Rp1 juta," kata Ria.

Dengan modal awal Rp1 juta yang dipakai untuk berjualan kaos, dalam waktu singkat sudah balik modal. Seiring waktu berjalan, Carline yang lebih fokus dalam urusan kreativitas dan Ria di bidang marketing dan komunikasi, sepasang sahabat ini membesarkan clothing brand COTTON INK bersama.

Tantangan Menjalankan Bisnis dengan Sahabat

Merintis, menjalankan, dan membesarkan sebuah brand dengan sahabat pastinya ada tantangannya sendiri. Menjaga hubungan baik sebagai rekan kerja sekaligus menjaga ikatan persahabatan jelas tidak mudah. Namun, Carline dan Ria membuktikan bahwa berbisnis hingga sukses dan berkembang bersama sahabat itu sangat bisa dilakukan.

Menurut Carline, tantangan terberat membangun bisnis bersama sahabat adalah menjaga hubungan tetap positif. "Jangan kebawa dengan riak-riak kecil atau kerikil-kerikil kecil. Ini lumayan penting di luar (pandemi) COVID-19. Pada akhirnya, perusahaan itu dipimpin oleh manusia bukan robot."

Sementara itu, menurut Ria tantangan terberatnya adalah masa tiga hingga empat tahun awal membangun bisnis. "Berteman dan menjalankan bisnis adalah (dua urusan) berbeda," ungkapnya.

Ria dan Carline bisa saling melengkapi satu sama lain. Keduanya punya kelebihan dan keahlian berbeda, belum lagi dengan cara berkomunikasi dan budaya masing-masing keluarga yang tidak sama. Akan tetapi, justru itulah kekuatan mereka. "Kita berdua ketemu di tengah," ujar Ria. Saling melengkapi satu sama lain didukung dengan komitmen kuat membesarkan bisnis bersama, maka keduanya bisa terus bertahan dan berkembang bersama.

Tips Merintis Bisnis Bersama Sahabat dari Carline dan Ria

"Yang paling penting complementary," kata Carline terkait hal penting apa yang perlu diperhatikan lebih dulu saat akan membangun bisnis bersama sahabat. Penting untuk masing-masing memiliki keahlian berbeda agar bisa saling

Ria pun punya sebuah tips senada terkait membangun bisnis bersama sahabat. "Cari orang yang berbeda supaya bisnisnya lebih dinamis," ungkapnya. Sebab menurut dia, hal yang dinamis membuat bisnis bisa maju. Misalnya, kalau keduanya cuma fokus berjualan terus, maka tidak ada yang mengurus produk sehingga tidak bisa maju. Sementara kalau terus berkreasi dan berinovasi maka bisnis bisa terus berkembang dan maju. 

Terkait menjaga semangat dalam berbisnis dan menghadapi masalah saat menjalankan bisnis, Carline menekankan, "Kadang masalah bisa ditarik menjadi opportunity." Dari sebuah masalah yang ada, kita selalu bisa cari celah dan mencoba untuk mengubahnya menjadi kesempatan untuk mengembangkan bisnis.

Benar-benar kisah yang inspiratif, ya Sahabat Fimela. Ada yang tertarik untuk menjalankan bisnis bersama sahabat juga? Semoga pengalaman Carline dan Ria ini bisa jadi motivasi dan semangat barumu.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading