Sukses

Lifestyle

7 Tanda Kamu Sedang Lelah dan Butuh Istirahat dari Penatnya Pekerjaan

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja, entah karena tuntutan atau memang kecintaan pada pekerjaan. Tapi, terkadang kita sampai lupa waktu beristirahat saking terlalu banyak bekerja bahkan bikin lupa pada kesehatan kita sendiri. Ketika kamu bekerja sangat keras, tubuh akan gampang kelelahan dan ujung-ujungnya akan memengaruhi kinerja kamu.

Berikut ini beberapa tanda kalau sebenarnya kamu sedang butuh istirahat dalam bekerja.

1. Suka cemas dan gelisah

Ketika terlalu banyak bekerja, secacara otomatis otak aka memberikan perintah untuk tetap terus bekerja sehingga menguras semua energi tubuhmu. Wajar bila tubuhmu mulai merasakan kecemasan atau kegelisahan karena takut hasil pekerjaanmu tidak sempurna. Alhasil, kamu akan terus bekerja karena merasa hasil pekerjaanmu tidak maksimal.

2. Jarang bertemu orang lain

Bekerja secara berlebihan tidak hanya berdampak buruk pada kondisi kesehatanmu, namun juga hubungan sosialmu. Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bekerjan akan membuatmu jarang meluangkan waktu untuk orang lain bahkan untuk dirimu sendiri. Padahal, menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat adalah kebutuhan.

3. Gampang emosi

Terlalu keras dalam bekerja akan membuatmu gampang kelelahan dan memengaruhi emosimu. Jadinya, kamu akan lebih sensitif dan mudah marah-marah. Kalau sudah begini kinerja kamu juga akan terganggu. Jadi, ambillah waktu untuk berlibur dan menyegarkan pikiram agar lebih tenang.

4. Pola tidur tidak teratur

Banyak orang yang mengorbankan waktu istirahatnya untuk pekerjaan. Waktu istirahat yang kurang bisa membuat pola tidur jadi tidak teratur bahkan tak jarang mengalami insomnia. Konsentrasi jura semakin menurun kalau kurang tidur. Sebaiknya, kalau sudah lelah istirahatlah dan jangan paksakan tubuhmu untuk terus bekerja.

5. Mudah panik

Panik adalah hal wajar saat menghadapi sebuah tekanan dalam bekerja atau tugas yang dibebankan kepadamu. Tapi kalau paniknya setiap hari, fix, sepertinya kamu memang butuh istirahat dari pekerjaanmu.

6. Merasa terbebani

Sering merasa terbebani adalah tanda umum bahwa sudah waktunya beristirahat dari pekerjaan. Ini adalah tanda bahwa tubuh kamu sudah sangat lekah dan butuh istirahat.

7. Lelah sepanjang waktu

Saat kamu bekerj terlalu lama tanpa istirahat, kamu pasti akan mengalami kelelahan. Ini juga menjadi penyebab kamu sering melakukan kesalahan kecil karena kurang fokus. Pekerja yang bahagia adalah pekerja yang beristirahat dengan baik.

Kalau sudah merasakan beberapa tanda di atas, ini berarti tubuh kamu sedang perlu istirahat. Ambillah cuti sejenak untuk menenangkan pikiran sebelum kembali bekerja.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading