Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Jaringan Lemot yang Sering Menganggu

Fimela.com, Jakarta Internet merupakan salah satu kebutuhan penting untuk masyarakat di era modern saat ini. Selain itu hampir semua kegiatan pasti membutuhkan jaringan internet denfan kecang seperti 4G LTE.

Ketika kita akan berkomunikasi dengan orang lain dengan jarak jauh. Tentu akan membutuhkan sebuah jaringan yang stabil. Selain itu jaringan yang tidak stabil akan membuat kita kesulitan melakukan hal yang berhubunga dengan internet.

Kamu juga perlu mengetahui beberapa penyebab jaringan lemot. Nah untuk itu berikut di bawah ini beberapa penyebab jaringan lemot yang pelu kamu ketahui:

1. Sistem Smartphone Bermasalah

Penyebab utama jaringan lemot adalah sistem smartphone yang bermasalah. Selain itu jika koneksi jaringanmu bagus maka akan membuat smartphone dalam menjalankan internet lancar.

2. Cuaca Buruk

Hal ini biasanya akan sering terjadi jika musim huja. Saat hujan deras entah bagaimana koneksi akan berubah menjadi lebih lambat maupun tak lancar. Selain itu hal ini dapat diperkirakan sinyal-sinyal internet yang terhalang oleh titik-titik hujan.

3. Jaringan yang Terlalu Sibuk

Selain itu prime time juga dapat menjadi salah satu masalah, Beberapa orang akan menggunakan koneksi internet di saat bersamaan menjadikan jaringan yang terbagi sehingga mau tak mau akan melambat.

Sama halnya ketika kamu menggunakan WiFi yang terlalu banyak penggunanya. Tentu hal ini akan membuat kamu mendownload atau mengakses internet lebih lama.

4. Jaringan Provider yang Tidak Menjangkau Wilayah

Semua jaringan provider tentu akan menjanjikan internet yang cepat. Namun terkadang dibalik hal itu juga terdapat kekurangan dari setiap provider. Seperti tidak dapat menjangkau jarak jauh atau hal ini terjadi ketika kamu berada di daerah pedalaman dengan banyak pepohonan.

5. Terlalu Banyak pengguna

Yang terakhir penyebab lain dari internet lemot yaitu terlalu banyak pengguna di suatu wilayah. Hal ini juga dapat terjadi pada beberapa operator yang membatasi kecepatan internet di setiap daerah.

Cara Mengatasi Jaringan Lemot

Namun kamu jangan khawatir keran dapat mengatasi jaringan lemot dengan menggunakan beberapa cara di bawah ini:

  • Restart Handphone : Kamu dapat mengatasi jaringan 4G yang lemot. Mematikan ponsel untuk sementara, applikasi yang awalnya berjalan juga akan berhenti dengan sendirinya.
  • Periksa Kuota : Bisa jadi kuota kamu sudah habis, kamu juga perlu mengecek hal tersebut. Biasanya provider akan memberikan pesan SMS ketika kuota kamu kurang dari 1 GB.
  • Periksa Jaringan : Kamu juga dapat memeriksa jaringan dengan keluar ruangan untuk mencari sinyal yang lebih stabil dan kuat.

Nah itulah beberapa penyebab jaringan lemot yang perlu kamu tahu. Selain itu kamu juga perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum kamu mengatasinya. Namun jika kamu sudah mengatasinya dan belum bisa kamu dapat ke konter untuk mengetahui penyebabnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading