Ketahui 4 Manfaat Besar dari Mencintai Diri Sendiri yang Bikin Kamu Bahagia

Gayuh Tri Pinjungwati25 Nov 2021, 10:15 WIB
Diperbarui 25 Nov 2021, 10:15 WIB
self love-kezo

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri dibutuhkan oleh setiap orang. Percayalah, ketika kamu bisa mencintai dirimu sendiri, kamu akan bisa mencintai orang lain dengan lebih baik. Tumbuh dengan mencintai diri sendiri akan memberikan dampak positif untuk Kesehatan fisik, psikologis dan spiritualmu.

Ketika kamu belajar untuk mencintai diri sendiri, hidupmu akan merasa lebih bahagia. Cinta diri juga bisa membantumu tumbuh menjadi pribadi yang tangguh untuk menggapai impianmu. Ada begitu banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika bisa mempraktekkan cinta diri. Penasaran? Yuk, langsung simak selengkapnya di bawah ini.

1. Mendapatkan Kepuasan dalam Hidup

Ketika benar-benar mempraktekkan cinta diri, kamu dapat menciptakan pola pikir tentang penerimaan. Kamu menjadi bersedia untuk menerima tahapan dan situasi hidupmu, dan bertanggung jawab atas tindakanmu. Dirimu juga mengenali dari mana datangnya cinta, kebahagiaan, gairah, dan semangat. Ketika dapat mengakui kekuatan yang dimiliki atas hidupmu, Dirimu menjadi puas menjalaninya. Seseorang yang puas dengan hidupnya memiliki mental yang besar, tidak mudah stres dan akan selalu bahagia.

2. Mampu Mengembangkan Gaya Hidup Sehat

Selama kamu bisa mempraktekkan mencintai diri sendiri, kamu pasti ingin memberikan semua yang dibutuhkan tubuh, seperti, tidur, makanan, hobi dan olahraga. Menjalani gaya hidup sehat sulit bagi kebanyakan orang, tetapi itu dapat dilakukan untuk membantumu mencapai tujuan hidup yang lebih baik. Mencintai diri sendiri akan memberi motivasi untuk memasukkan tujuan ke dalam rutinitas harianmu. Manfaat mengembangkan kebiasaan sehat termasuk bersyukur, menghabiskan waktu sendirian, melatih perhatian, memaafkan, dan bangga dengan diri sendiri.

3. Mampu Menjadi Diri Sendiri

self love
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/ Piyato

Banyak orang yang merasa insecure dengan dirinya sendiri saat merasa gagal atau merasa bahwa dirinya kurang cukup baik. Rasa insecure ini sebenarnya datang karena kurang merasa percaya diri dan merupakan manifestasi dari kurangnya rasa mencintai diri sendiri. Sebaliknya, saat seseorang bisa mencintai diri sepenuhnya, maka ia akan dapat menumbuhkan rasa percaya diri termasuk menerima kelebihan dan kekurangannya.

4. Membantumu Mempelajari Kesalahan

Ketika mencintai diri sendiri, kamu tidak akan stres ketika melalui peristiwa atau situasi yang sulit. Dirimu tidak akan bersaing atau membandingkan diri dengan orang lain. Kamu akan menjadi pemikir yang optimis, dan akan bersedia untuk menjadi kreatif dan tidak takut mencoba hal-hal baru.

Pastinya tidak ada yang perlu diragukan untuk mencintai diri sendiri. Kebaikan yang kamu lakukan akan sangat bermanfaat untuk dirimu sendiri.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela