Cara Membersihkan Layar TV dari Ahli dalam 4 Langkah

Novi Nadya02 Des 2021, 16:30 WIB
Diperbarui 02 Des 2021, 16:30 WIB
pasangan nonton tv

 

Fimela.com, Jakarta Kapan terakhir kali kita membersihkan layar TV? Membersihkan layar TV bisa membuat kita mendapatkan kenikmatan warna-warna cerah dan detail tajam yang selama ini terabaikan. 

Sebagian besar TV flat-screen saat ini memiliki layar LCD atau OLED, yang keduanya menyala dengan dioda pemancar cahaya (LED). OLED menggunakan dioda pemancar cahaya organik yang menawarkan kontras lebih baik.

Layar plasma yang popular akhir tahun 90an dan di awal 2000-an, dihentikan pada tahun 2014. Namun masih banyak yang memilikinya di rumah.

Sementara itu TV yang benar-benar jadul adalah mengandalkan tabung sinar katoda (CRT) yang besar. Dan semuanya tentu berbeda cara membersihkan layarnya.

"Membersihkan TV layar jadul hampir mirip dengan membersihkan jendela. Tapi TV modern membutuhkan perawatan lebih," ujar Jessica Ek, ahli kebersihan di American Cleaning Institute.

4 Langkah Membersihkan Layar

Berikut cara membersihkan layar TV menurut ahli;

 

1. Bersihkan dengan kain mikrofiber

"Layar modern bisa sensitif terhadap tekanan dan mudah tergores. Direkomendasikan memakai kain mikrofiber dengan serat sangat kecil yang membuat tekanan pada layar lebih merata dan mengurangi kemungkinan menyebabkan goresan atau kerusakan," ujar Jessica.

Jangan memakai handuk kertas, tisu, dan bahan lain yang dapat mengandung serat dan dapat merusak layar. Kita juga bisa memilih kemoceng elektrostatik.

 

2. Sampai ke sudut

Pastikan untuk menjangkau sudut dan tepi layar dengan kain. Sering-seringlah membalik kain sehingga kita selalu menggunakan bagian yang bersih.

Yang harus dihindari adalah jangan gunakan terlalu banyak tekanan untuk menghindari kerusakan piksel saat menyalakan layar LCD atau TV plasma.

 

 

3. Semprotkan cairan pada kain

Jika memakai cairan jenis apa pun, pastikan terlebih dahulu menyemprotnya pada kain, bukan layar. Jangan juga menggunakan lap berdebu yang sudah dipakai sebelumnya, karena akan meninggalkan lapisan akhir yang berminyak.

 

4. Lap dengan sapuan tumpang tindih

Untuk menghindari goresan, Ek merekomendasikan pembersihan dengan sapuan yang rata dan sedikit tumpang tindih. Baik secara horizontal maupun vertikal. 

Lalu bersihkan sekali lagi layar TV dengan kain kering untuk menghilangkan residu. Bersihkan juga kabinet TV agar tidak berdebu. Jangan bersihkan layar secara melingkar karena dapat menimbulkan goresan.

#ElevateWomen 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela