Sukses

Lifestyle

Apresiasi Industri UMKM Lewat Promo Menarik di 12.12 Birthday Deals

Fimela.com, Jakarta Dalam dua tahun terakhir, Indonesia hingga kini masih berjuang melawan situasi pandemi Covid-19. Hal ini menjadi masa yang cukup berat pagi para pelaku bisnis di Indonesia, termasuk pelaku UMKM. Tetapi di tahun 2021 ini merupakan momen kebangkitan UMKM Indonesia di tengah gempuran pandemi.

Dalam mengembangkan strategi bisnis agar mampu bertahan dan terus bertumbuh di tengah situasi pandemi, pelaku UMKM mengobarkan semangat dengan terus beradaptasi di kondisi seperti ini. Pencapaian ini pun tak lepas dari dukungan serta peran aktif seluruh pihak termasuk masyarakat.

Untuk merayakan pencapaian dan mendukung pertumbuhan UMKM di Tanah Air ini, di penghujung tahun 2021 ShopeePay meluncurkan kampenye akhir tahun ShopeePay 12.12 Birthday Deals yang berlangsung dari 28 November hingga 14 Desember 2021.

Dengan demikian, upaya mendorong semangat pelaku UMKM Indonesia serta sebagai bentuk apresiasi ShopeePay kepada seluruh pihak yang turut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional, maka ShopeePay menghadirkan berbagai penawaran serta promo spesial dan menarik dalam kampanye tersebut.

“Kita lihat di sini semangat UMKM juga jadi semangat kami agar kita bisa terus bertumbuh, kita juga akan menghadirkan beberapa inovasi dan upaya dalam mendukung pertumbuhan UMKM,” ujar Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition dalam acara ShopeePay Talk: ShopeePay 12.12 Birthday Deals secara virtual, pada Kamis (25/11).

Menghadirkan Beberapa Inisiatif untuk pelaku UMKM dan Masyarakat

Para pelaku UMKM yang beradaptasi demi terus berkembang terlihat dari tingginya penetrasi layanan pembayaran digital ShopeePay di UMKM sepanjang tahun 2021 yang meningkat hingga 5x lipat dibanding tahun lalu.

“Kami memahami bahwa pandemi telah mengakselerasi digitalisasi bisnis diberbagai industri termasuk UMKM. Untuk itu, ShopeePay berupaya mendukung kemajuan UMKM melalui sederet program yang diharapkan dapat membantu mendorong performa binis, salah satunya adalah stimulus melalui program kampanye ini,” ujar Eka.

Ada pun 3 inisiatif dari ShopeePay bagi pelaku UMKM maupun masyarakat yang berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan UMKM. “Pertama ada Semangat UMKM Lokal, di mana ini inisiasi oleh ShopeePay dan kami akan memberi stimulasi bagi para pelaku UMKM di berbagai macam wilayah Indonesia. Kami juga memberikan cashback 60% untuk mendorong antusiasme masyarakat dalam bertransaksi di gerai mereka,” kata Eka.

Kedua adalah ShopeePay Talk yang menjadi wadah diskusi dalam berbagi insight atau strategi yang menarik bagi para penggiat UMKM. “Kita bisa saling berbagi strategi atau input dan insight yang bisa dibagikan lagi para calon-calon pelaku bisnis lainnya,” tuturnya.

Terakhir, ShopeePay memiliki program Berbagai Kampanye Promo bersama Ratusan Merchant Favorit. Tujuan serta harapan dari beberapa program ini yakni guna meningkatkan penjualan UMKM serta mendatangkan customer baru.  

“Di sini kami sangat mengharapkan bisa menarik minat masyarakat untuk mendukung dan mengembangkan bisnis-bisnis yang saat ini masih bertumbuh di masa pandemi. Tahun ini juga kita menghadirkan beberapa kampanye seperti di bulan ini ada ShopeePay 12.12 Birthday Deals yang akan segera berlangsung,” tambahnya.

Pandemi Tak Menghalangi Para Pelaku UMKM

Maulana Hakim, CEO TEGUK menyebut bahwa adanya pandemi ini mengajarkan untuk terus bergerak dan berkembang. Kemudian, dalam berbisnis tentu tak hanya melihat dari sisi market, namun yang paling penting adalah perilaku konsumen itu sendiri yang terus berubah-ubah.

“Kita juga perlu melihat tren kedepan, dan terkadang bukan dilihat dari sisi market, tapi melihat dari consumer behavior itu ke mana seperti misalnya apakah orang benar-benar hanya stay di rumah. Dengan begitu, kita harus memposisikan agar bisa lebih dekat dengan mereka,” ungkapnya.

Sementara, Arto Biantoro, Brand Activist – Penggiat Brand Lokal menyebut di tengah segala keterbatasan yang ada selama pandemi, digitalisasi menjadi kunci utama yang membantu pelaku UMKM menyokong keberlangsungan bisnis mereka.

“Para pelaku UMKM kini semakini berlomba-lomba memaksimalkan penggunaan layanan digital hampir di setiap aspek bisnis agar tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat. Hal ini termasuk memperluas kehadiran bisnisnya di media sosial, menggunakan layanan pesan instan untuk mempermudah komunikasi, mengeksplorasi strategi marketing digital hingga menyediakan layanan pembayaran digital,” katanya.

Penawaran ShopeePay 12.12 Birthday Deals

Voucher cashback 100% menjadi penawaran menarik pertama untuk belanja di ratusan merchants pilihan agar lebih hemat selama periode ShopeePay 12.12 Birthday Deals.

Kemudian ada Indomaret Murah Rp1 untuk mendapatkan diskon produk Indomaret dengan cara membeli voucher diskon di fitur Deals Sekitarmu pada aplikasi Shopee seharga hanya Rp1.

Lalu, Flash Sale Rp1 yang bisa mendapatkan nominal cashback lebih besar dari Voucher Cashback 100% di mana bisa dibeli seharga Rp1 saja pada jam-jam tertentu. Flash Sale Rp1 berlangsung sebanyak 3x setiap harinya dan hanya 7x khusus di tanggal 1 dan 8 Desember 2021.

Dengan sederet penawaran spesial bersama ratusan UMKM yang berpartisipasi di kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals diharapkan dapat semakin mendorong pertumbuhan bisnis lokal. UMKM pun bisa memperoleh manfaat visibilitas yang lebih luas sehingga dapat menjangkau konsumen baru serta memperkuat hubungan dengan pelanggan setia.

Penulis: Atika Riyanda Roosni

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading