Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Membaca Buku Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang membaca buku mungkin menjadi hal yang membosankan. Terkadang bacaan yang berat atau buku yang terlalu tebal bisa membuat kita mudah ngantuk dan pada akhirnya kita malas untuk lanjut membacanya.

Padahal, membaca buku memiliki segudang manfaat. Tidak hanya menambah informasi semata, membaca buku juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental kita, lho. Salah satunya, buku adalah sumber hiburan karena bisa membuat pikiran kita lebih rileks.

Mau tahu apa saja manfaat membaca buku. Simak ulasannya berikut ini!

1. Menambah pengetahuan

Buku adalah jendela dunia karena ia adalah sumber pengetahuan. Pengetahuan merupakan hal yang sangat berharga dan tak ternilai harganya dibandingkan harta benda. Cerita maupun ide-ide yang tertuang dalam buku yang kita baca akan membuat kita mengenal dunia bahkan mampu mengubah pola pikir kita.

2. Menambah perbendaharaan kosakata

Dengan banyak membaca juga akan menambah perbendaharaan kata. Semakin banyak kita menguasai kosakata, maka semakin baik pula kemampuan komunikasi kita. Rutin membaca membuat kita menguasai kosakata yang lebih beragam. Sehingga kata yang kita rangkai akan lebih tersusun dan bermakna.

3. Mengurangi stres

Tak hanya menambah informasi, membaca buku juga ternyata mampu mengurangi tingkat stres. Menurut survei membaca buku dapat menurunkan tingkat stres hingga 68 persen. Tentunya lebih tinggi dibandingkan mengurangi tingkat stres dengan mendengarkan musik atau bermain game. Membaca buku juga dapat memberikan ketenangan batin seperti relaksasi.

4. Memperbaiki memori

Setiap membaca buku juga akan memperkuat memori yang sudah ada. Kebiasaan membaca dapat membantu ingatan-ingatan jangka pendek. Jadi, semakin banyak informasi yang kita serap dari buku, akan semakin memperkuat daya ingat kita.

5. Meningkatkan daya analitis

Membaca buku juga dapat meningkatkan daya analitis. Dengan banyaknya informasi yang kita dapatkkan, maka semakin banyak pula teori yang kita kuasai. Teori atau konsep ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk memecahkan masalah, membuat kesimpulan dan menemukan jawaban.

Nah, itulah sekian manfaat dari membaca buku. Jadi, jangan ragu untuk menambah koleksi buku bacaanmu. Sebab, selain sebagai hiburan ternyata membaca buku juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental juga fisik kita.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading