5 Cara Memperbaiki Suasana Hati yang Buruk dengan Mudah

Baiq Nurul Nahdiat27 Nov 2021, 11:45 WIB
Diperbarui 27 Nov 2021, 11:45 WIB
Cara Memperbaiki Suasana Hati

Fimela.com, Jakarta Suasana hati yang buruk dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari masalah pekerjaan, masalah asmara bahkan dari hubungan dengan orang-orang di sekitar kita. Saat suasana hati buruk, tubuh akan melepaskan hormon penyebab stres, sehingga kita jadi senstitif dan mudah marah-marah yang akhirnya mengganggu aktivitas kita.

Untuk memperbaiki susana hati yang buruk, kita bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Mengakui apa yang dirasakan

Menekan suasana hati yang buruk memang tidak mudah untuk dilakukan. Sadari apa yang kamu rasakan dan ungkapkan. Jika kamu tidak mengakui dan hanya memendam suasana hati yang buruk, hal itu hanya akan merugikan dan membahayakan kondisi kesehatanmu.

2. Mencurahkan isi hati

Curhat adalah cara terbaik untuk menghilangkan suasana hati yang buruk. Saat kita berbagi cerita dengan orang lain, itu akan membantu mengurangi beban pikiran kita. Selain itu, dengan curhat pada seseorang akan memberimu dukungan dan kamu juga mendapat melihat masalah dari perspektif yang berbeda.

3. Menangis

Cara Memperbaiki Suasana Hati
Cara Memperbaiki Suasana Hati. (ilustrasi sedih/PR Image Factory/Shutterstock)

Menangis dapat membantumu menyalurkan emosi. Jangan malu untuk menangis saat mengalami masalah yang berat. Menangis akan membantumu mengurangi rasa sakit dan kegelisahan dalam hati. Sehingga, setelah menangis perasaanmu akan jauh lebih baik.

4. Bermain dengan hewan peliharaan

Jika kamu memiliki hewan peliharaan, kamu bisa bermain dengan hewan peliharaanmu untuk memperbaiki suasana hati. Penelitian mengungkapkan bahwa bermain dengan hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing, dapat melepaskan hormon serotonin dan dopamin, yang membuatmu lebih tenang dan rileks.

5. Berinteraksi dengan orang lain

Cara Memperbaiki Suasana Hati
Cara Memperbaiki Suasana Hati. (ilustrasi tertawa bahagia/atiger/Shutterstock)

Saat suasana hati sedang buruk, luangkan waktu untuk menjalin kontak dengan orang lain. Menjalin kontak sosial dengan orang lain adalah cara yang efektif untuk membuatmu merasa lebih baik. Luangkan waktu untuk mengobrol dengan orang di sekitarmu, entah untuk obrolan ringan atau saling bertegur sapa.

Jangan biarkan suasana hati yang buruk memengaruhi produktivitas dan aktivitas sehari-harimu. Jika merasa bad mood, coba praktikkan beberapa cara di atas agar pikiran tetap positif dan tenang.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela