11 Rekomendasi Novel Tere Liye Seri Bumi yang Wajib Dibaca

Kezia Prasetya Christvidya29 Nov 2021, 15:06 WIB
Diperbarui 29 Nov 2021, 15:36 WIB
membaca-kezo

Fimela.com, Jakarta Tere Liye adalah seorang penulis novel Indonesia, yang berasal dari Sumatera Selatan, yang memiliki nama asli Darwis. Tere Liye adalah penulis terkenal, yang sudah menciptakan lebih dari judul buku atau novel.

Novel-novel karya Tere Liye sangat laris dikalangan para pecinta novel, bahkan beberapa karyanya telah diadaptasi menjadi film Indonesia, seperti Hafalan Shalat Delisa, Bidadari-Bidadari Surga, Moga Bunda Disayang Allah, dan Rembulan Tenggelam di Wajahmu.

Salah satu seri novel milik Tere Liye yang menjadi best seller di Indonesia, yaitu novel seri Bumi yang merupakan novel seri petualangan dunia paralel. Novel seri Bumi ini memiliki 11 buku, yang wajib dibaca karena ceritanya sangat seru dan menarik. Berikut rekomendasi novel Tere Liye seri Bumi:

Rekomendasi Novel Tere Liye

membaca-kezo
ilustrasi novel/Oziel Gómez/pexels

1. Bumi

Bumi adalah rekomendasi novel Tere Liye yang paling pertama dari seri Bumi. Novel yang pertama ini, menceritakan tentang Raib bertemu dengan Tamus, yang berasal dari cermin kamarnya. Lalu Raib pun mulai merasakan kalau ia memiliki kekuatan istimewa. Novel ini juga menceritakan tentang pertemuan pertama 3 sahabat yaitu Raib, Ali dan Seli, yang kemudian berpetualangan bersama di dunia paralel.

2. Bulan

Rekomendasi novel yang kedua adalah Bulan. Novel Tere Liye berjudul Bulan, menceritakan tentang pengalaman Raib, Ali dan Seli yang mulai menjelajahi Klan Matahari, untuk menyatukan Klan Bulan dan Klan Matahari. Ada banyak tokoh baru yang muncul dalam novel ini, yang merupakan sebuah petualangan politik yang dilalui ketiga sahabat itu.

3. Matahari

Rekomendasi novel Tere Liye yang ketiga adalah Matahari. Novel ini menceritakan tentang Ali yang penasaran untuk berpetualang ke perut Bumi, sehingga menemukan keberadaan Klan Bintang. Akhirnya ketiga sahabat ini berpetualangan di Klan Bintang.

Rekomendasi Novel Tere Liye

membaca-kezo
ilustrasi membaca/George Milton/pexels

4. Bintang

Bintang merupakan novel keempat Tere Liye dari seri bumi, yang menceritakan tentang petualangan Raib, Ali dan Seli di Klan Bintang, dengan tujuan menyelamatkan manusia di Bumi. Dalam novel ini, ketiga sahabat akan melalui sebuah pertarungan yang susah untuk menyelesaikan tujuannya.

5. Ceros dan Batozar

Rekomendasi novel Tere Liye yang kelima adalah Ceros dan Batozar. Novel ini merupakan cerita yang berbeda dari sebelumnya, walaupun masih dalam seri Bumi. Novel ini menceritakan tentang Ceros yang merupakan dua makhluk raksasa yang ada di bawah satu monumen. Sedangkan Batazor adalah seorang kriminal yang bersembunyi di Bumi. Ceros dan Batazor ini ditemui Raib, Ali dan Seli dalam petualangannya dalam dunia paralel.

6. Komet

Rekomendasi novel yang selanjutnya adalah novel Komet yang merupakan seri keenam ini, menceritakan tentang petualangan ketiga sahabat yang terus berlanjut, dan menemukan sebuah pulau dengan tumbuhan aneh. Pulau tersebut memiliki nama hari dan ketiga sahabat itu bertemu dengan orang berwajah sama tetapi beda nama.

Rekomendasi Novel Tere Liye

membaca-kezo
ilustrasi membaca/Rachel Claire/pexels

7. Komet Minor

Komet Minor adalah seri ketujuh dalam seri Bumi, menceritakan tentang petualangan Raib, Ali dan Seli dalam menghadapi Si Tanpa Mahkota di Dunia Paralel. Banyak yang mengira novel ini merupakan novel terakhir seri Bumi, tapi ternyata masih banyak misteri yang harus dipecahkan dalam novel berikutnya.

8. Selena

Rekomendasi novel Tere Liye yang kedelapan adalah Selena. Buku ini menceritakan tentang Miss Selana yang merupakan guru matematika, yang merupakan seorang petarung dari Klan Bulan.

9. Nebula

Nebula adalah rekomendasi novel seri Bumi yang kesembilan, yang menceritakan tentang Selena yang berada di ABTT dan berpetualang di Nebula. Novel ini juga merupakan sebuah jawaban tentang misteri orang tua Raib.

10. Lumpu

Lumpu adalah rekomendasi novel yang kesepuluh karya Tere Liye. Dalam novel ini menceritakan tentang Lumpu, seseorang yang memiliki dendam kepada orang yang memiliki kekuatan. Ia merasa kalau orang-orang itu adalah pencuri.

11. Si Putih

Rekomendasi novel Tere Liye yang terakhir adalah Si Putih. Novel ini merupakan seri Bumi, yang menceritakan tentang masa lalu Si Putih, kucing kesayangan Raib yang memiliki kekuatan super.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela