Alasan Haru di Balik Hobi Bocah 11 Tahun Mandikan Anjing Jalanan

Vinsensia Dianawanti07 Des 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 07 Des 2021, 18:00 WIB
Ilustrasi Anak Anjing

Fimela.com, Jakarta Memiliki hewan peliharaan, seperti anjing, tentu cukup menyenangkan. Kamu bisa memiliki teman bermain serta membuat suasana rumah menjadi lebih hidup.

Meski begitu, tidak sedikit orang yang tega menelantarkan anjing di jalan. Ada berbagai alasan yang dibuat agar penelantaran hewan yang dilakukan dapat dimaklumi.

Banyaknya hewan peliharaan yang dibuang di jalanan menjadi tidak terawat hingga meresahkan masyarakat.

Oleh karena itu, seorang anak asal Brasil bernama Thiago berinisiatif untuk memandikan anjing jalanan secara sukarela. Bocah 11 tahun itu memilih untuk menjalani perannya yang terbilang kecil namun cukup serius.

 

Mandikan anjing secara sukarela

Ilustrasi Anjing
Ilustrasi anjing. (dok. Unsplash.com/Artem Sapegin @sapegin)

Dikutip dari Boredpanda, ternyata ada alasan tersendiri bagi Thiago untuk memandikan anjing jalanan secara sukarela ini menjadi perhatian banyak netizen.

Di usia yang masih sangat muda, Thiago, menjajal sebuah proyek yang bernama "Sou de rua mas to limpinho” atau yang memiliki arti "Saya tuna wisma tapi saya bersih".

Proyek ini ditujukan untuk anjing-anjing liar yang ada di jalan. Thiago sendiri memilih untuk pergi ke jalan yang ada di kotanya di Antonio Prado untuk mencari anjing liar untuk memadukan mereka.

Gerakan ini dilakukan untuk ingin mempersiapkan anjing-anjing tersebut untuk diadopsi oleh seseorang.

Menurut sang ayah, Eduardo, sang anak telah memulai proyek ini memandikan anjing liar sejak akhir 2020 lalu. Bocah tersebut memberikan wewangian serta merapikan bulu-bulu anjing sebelum akhirnya dikembalikan ke jalanan.

 

Agar anjing jalanan bisa diadopsi

Hal ini dilakukan agar banyak orang yang melihat anjing-anjing tersebut sehingga memiliki keinginan untuk diadopsi.

"Dia mendedikasikan hari Sabtu untuk memandikan anjing-anjing yang diselamatkan dan tersedia untuk diadopsi, saya mengambil foto karena foto kualitas meningkatkan kemungkinan adopsi anjing. Hingga saat ini, proyeknya telah memandikan hewan-hewan liar sebanyak 47 kali.” ujar Eduardo seperti yang dilansir dari Boredpanda.

Thiago juga bekerja sama bersama toko-toko lokal yang menyumbangkan produk perawatan hewan. Mulai dari sampo hingga makanan. Dirinya pun mendedikasikan hari liburnya di hari Sabtu untuk merawat anjing-anjing tersebut.

 

Putuskan jadi vegetarian

Tidak hanya sekadar memandikan agar diadopsi, Thiago juga akhirnya memilih sebagai vegetarian. Ia sulit menerima kenyataan bahwa banyak hewan yang dilahirkan hanya untuk dibesarkan dan dijadikan sebagai makanan.

Upaya Thiago mendapat begitu banyak apresiasi dari masyarakat loka. Tidak sedikit dari mereka yang menyebut inisiatif Thiago ini mampu menginspirasi banyak orang.

 

Simak video berikut ini

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela