Dukung Operasional Bisnis yang Dijalankan, Tunjangan Transportasi Jadi Hal Penting yang Wajib Direncanakan

Iwan Tantomi08 Des 2021, 00:01 WIB
Diperbarui 08 Des 2021, 00:01 WIB
Dukung Operasional Bisnis yang Dijalankan, Tunjangan Transportasi Jadi Hal Penting yang Wajib Direncanakan

Fimela.com, Jakarta Banyak perencanaan yang perlu dilakukan saat memulai bisnis sendiri. Selain konsep usaha dan strategi promosi, hal-hal lain terkait karyawan yang membantu bisnis juga penting buat dipikirkan. Misalnya saja soal transportasi karyawan, terutama buat mereka yang punya mobilitas tinggi karena tuntutan job desc yang ada.

Pemilik usaha baru mungkin belum banyak yang memikirkan hal ini, tapi ternyata tunjangan transportasi sangat penting dalam mendukung bisnis yang dijalankan lho. Womanpreneur pun wajib paham hal satu ini tanpa terkecuali. Biar tak bingung, berikut beberapa kiat yang tepat untuk mengaplikasikannya.

Tingkatkan Performa Karyawan dengan Dukungan Transportasi Memadai

Tingkatkan Performa Karyawan dengan Dukungan Transportasi Memadai
Credit via Shutterstock.com

Ada kalanya, urusan pekerjaan ini perlu dilakukan di luar, seperti bertemu klien penting, survei bahan baku dan lainnya. Padatnya kesibukan, kadang membuat sang owner tak bisa melakukannya sendiri, sehingga perlu bantuan karyawannya. Hanya saja, tak semua karyawan punya kendaraan pribadi.

Dukungan transportasi ini pun perlu difasilitasi oleh perusahaan, baik dengan cara menyediakan kendaraan atau sopir yang bisa mengantarkan ke lokasi tujuan. Lebih-lebih buat para karyawan yang sering menggunakan angkutan umum. Jangan sampai mobilitas karyawan terganggu hanya karena ketiadaan dukungan transportasi yang memadai. Bukan saja akan membuat performa karyawan ini menurun, tetapi juga bisa berimbas pada perusahaan.

Berikan Tunjangan Khusus Pengganti Biaya Transportasi

Berikan Tunjangan Khusus Pengganti Biaya Transportasi
Credit via Shutterstock.com/Sukarman

Apabila tak dapat memberikan fasilitas kendaraan untuk karyawan, paling tidak berikan tunjangan khusus sebagai pengganti biaya transportasi. Meski tampak sepele, membebankan biaya transportasi kepada karyawan saat ditugaskan ke luar, akan menurunkan motivasinya. Belum lagi jika harus berjibaku dengan kemacetan, cuaca yang tiba-tiba hujan dan sebagainya. Bukan tak mungkin fokus karyawan pun akan terpecah, sehingga bisa berpengaruh pada tujuan utamanya bertugas mewakili perusahaan.

Tentukan Sistem yang Tepat dalam Memberikan Tunjangan Transportasi

Tentukan Sistem yang Tepat dalam Memberikan Tunjangan Transportasi
Credit via Shutterstock.com

Mengingat tunjangan transportasi ini tak kalah penting untuk diberikan kepada karyawan yang bertugas ke lapangan, maka tentukan sistem yang tepat untuk mengaturnya. Lebih-lebih jika yang sering didelegasikan ke luar adalah beberapa karyawan. Salah satunya yang paling umum diaplikasikan adalah sistem reimburse. Karyawan yang bertugas keluar bisa menunjukkan bukti tiket perjalanan atau biaya pengisian bahan bakar jika menggunakan kendaraan pribadi. Baru kemudian, perusahaan dapat memberikan ganti biaya sebagai tunjangan transportasi.

Biar tak ribet dengan sistem reimburse, manfaatkan saja GoCorp yang merupakan layanan baru dari Gojek. GoCorp menjawab tantangan dan kebutuhan para pemilik usaha dan pekerja masa kini. Fasilitas dan fitur yang dihadirkan GoCorp dapat membantu UMKM hingga perusahaan besar, karena GoCorp tidak memiliki batasan minimal dalamjumlah karyawan maupun pengaturan budget tiap bulannya.

Dukung Operasional Bisnis yang Dijalankan, Tunjangan Transportasi Jadi Hal Penting yang Wajib Direncanakan
Credit via Shutterstock.com

Cara penggunaan GoCorp juga mudah, langkah yang dilakukan persis seperti memesan layanan GoCar dan GoRide biasa, hanya berbeda di bagian metode pembayarannya saja, pilih “GoCorp” di antara opsi lainnya seperti uang tunai atau dompet elektronik.Nantinya seluruh tagihan otomatis masuk ke perusahaan dan sudah sesuai dengan limit yang ditetapkan untuk masing-masing karyawan,sehingga mereka tak perlu lagi merasakan ribetnyamengajukan reimbursement. Karyawan dapat juga memilih semua jenis service transportasi Gojek,tidak hanya GoCar dan GoRide, namun juga GoCar L, GoCar Protect+, dan Go Ride Protect+.

Menariknya, GoCorp juga menyediakan dasbor khusus bagi pemilik UMKM atau pengambil keputusan soal tunjangan transportasi karyawan dalam perusahaan. Dengan begitu, mobilitas karyawan bisa dipantau dengan mudah, apalagi fitur ini juga bisa diakses secara digital di mana saja. Jadi, benar-benar transparan untuk dimanfaatkan. Yang lebih penting lagi, dengan memanfaatkan layanan GoCorp artinya kamu juga menjaga safety dan hygiene karyawan karena layanan  transportasi di Gojek memberikan #ProteksiEkstra.

Gimana, ingin tahu lebih banyak soal GoCorp ini? Baca lebih lanjut informasinya termasuk cara registrasinya dengan mengunjungi gojek.com/gocorp.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela