Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Memiliki Jiwa Kreatif, Sudah Tahu?

Fimela.com, Jakarta Kreativitas menurut KBBI adalah kemampuan untuk mencipta atau memiliki daya cipta. Seseorang yang punya kreativitas tinggi umumnya bisa menciptakan hal baru dari ide-ide yang dimiliki. Selain itu, siapa saja sebenarnya bisa menjadi kreatif.

Melansir laman Indeed.com, creativitas membuat individu bisa menghasilkan ide baru atau inovatif dan membuatnya jadi sesuatu. Orang kreatif bisa menggunakan kemampuan ini untuk mengatasi masalah di tempat kerja atau menghibur orang. Untuk mengetahui apakah kita memiliki jiwa kreatif, yuk coba kenali lima karakteristik atau lima tanda berikut ini. Umumnya, seseorang yang memiliki lima hal ini punya jiwa kreatif yang tinggi.

1. Selalu Ingin Tahu

Orang kreatif suka belajar hal-hal baru. Sehingga waktu luang yang dimiliki diisi dengan membaca buku, menonton film, atau melakukan hal-hal yang disukai. Orang kreatif selalu mencari peluang atau kesempatan untuk menguasai kemampuan atau belajar keahlian baru. Ada rasa selalu ingin tahu yang membuatnya termotivasi mencoba hal-hal berbeda.

 

2. Berpikiran Terbuka

Orang yang berpikiran terbuka suka mendengar dan mencoba ide-ide baru. Saat bekerja sama dengan orang lain, orang kreatif selalu terbuka dengan berbagai peluang dan mengeksplorasinya lebih jauh. Selain itu, dengan pikirannya yang terbuka, orang kreatif tidak mudah menghakimi atau menyudutkan ide atau perspektif orang lain.

3. Fleksibel

Fleksibilitas yang dimiliki membuat seseorang selalu suka mencoba ide dan pengalaman baru. Orang yang fleksibel juga bisa lebih mudah beradaptasi dengan perubahan dan hal-hal baru. Selain itu, sifat fleksibel ini membuat orang kreatif berani mengakui kesalahan jika ada hal-hal yang memang perlu diperbaiki.

4. Punya Kepekaan Tinggi

Kepekaan yang dimiliki orang kreatif membuatnya bisa mengembangkan diri dan potensi. Orang dengan kepekaan tinggi biasanya akan lebih ramah, serta selalu suka mendengar pendapat dan penjelasan orang lain. Senantiasa peduli pada orang lain sehingga bisa lebih mudah membangun hubungan baik dan kuat dengan orang lain.

5. Independen

Bekerja secara independen membuat orang kreatif mampu mendapatkan kebebasan pribadinya. Bisa membuat keputusan sendiri tanpa harus selalu mengikuti aturan atau tuntutan orang lain. Sikap independen atau mandiri ini pun bisa membuat orang kreatif lebih nyaman menantang diri sendiri. Dengan kebebasan dan kemandirian yang dipunyai, orang kreatif juga berani mengambil risiko untuk mendapatkan ide-ide baru dan menciptakan sesuatu yang berbeda.

Itu tadi lima hal umum yang biasanya dimiliki oleh orang kreatif. Apakah kamu memilikinya? Yang tak kalah penting adalah terus asah dan gali potensimu, ya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading