Sukses

Lifestyle

7 Cara Mengatasi Perasaan Tidak Semangat agar Hati Nyaman Kembali

Fimela.com, Jakarta Saat sedang tidak bersemangat, malas, atau bad mood, rasanya kita tidak ingin melakukan apa-apa. Namun, terlalu lama tidak melakukan apa-apa kadang malah makin memperburuk keadaan. Makin lama, hati jadi makin tidak nyaman. Kalau sudah begini, rasanya kita jadi makin bingung sendiri dengan yang sedang kita rasakan.

Untuk mengatasi perasaan yang tidak nyaman, ada banyak cara yang bisa dicoba. Agar hati kembali nyaman dan semangat kembali hadir, kita bisa mencoba cara-cara yang menurut kita paling sederhana. Berikut ini tujuh cara yang bisa dicoba untuk mengatasi perasaan tidak nyaman dan membuat hatimu jadi terasa lebih baik lagi.

1. Bergerak Dulu

Mengutip buku How to Respect Myself, dokter kejiwaan asal Prancis, Christophe Andre pernah berkata, "Tidak  bertindak merupakan repertoar khas orang-orang dengan harga diri rendah. Mereka hanya berpikir, 'Anda saja begini, pasti jadi begitu.' Mereka cenderung memperkeras kecondongan negatif dan memperkuat kecenderungan menghindar dengan berkata, 'Tidak akan berhasil. Untung saja aku tidak melakukannya'." Dari pemaparan tersebut kita bisa menyadari bahwa makin lama tidak melakukan apa-apa, maka bisa membuat kita makin tak bersemangat. Untuk itu, penting untuk mulai bergerak. Untuk bisa lepas dari rasa tidak bergairah, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah bergerak. Sekadar jalan kaki atau menggeliat bisa jadi awal untuk mulai kembali bersemangat.

 

2. Coba Stretching

"Putarlah leher dan luruskan pinggang yang bungkuk. Perasaan pasti akan menjadi lebih baik. Kemauan bisa jadi langsung muncul dan bisa juga tidak. Sering-seringlah bergerak walaupun sedikit, tanpa pikiran apa pun," saran Yoon Hong Gyun, seorang dokter kejiwaan dari Korea Selatan. 

Bila kamu merasa tidak bersemangat dan sangat berat untuk melakukan sesuatu, maka bisa coba dengan stretching. Lemaskan otot-otot tubuh lebih dahulu. Biasanya setelah agak rileks, kita akan mulai termotivasi melakukan hal yang selanjutnya perlu kita bereskan.

3. Membersihkan Ruang

Aktivitas bersih-bersih atau beres-beres bisa bantu redakan stres. Melansir laman drjen.com, menurut sebuah penelitian baru dari Cleaning Rush Study oleh Mr. Clean, aktivitas bersih-bersih bisa meningkatkan suasana hati dan meningkatkan produksi adrenalin. Membersihkan ruang kamar, ruang belajar, ruang kerja, atau ruang apa saja bisa menjadi langkah awal untuk memperbaiki suasana hatimu. 

4. Melakukan Sesuatu Seorang Diri

Sesekali perlu juga beristirahat dengan menyendiri sejenak. Saat kita meluangkan waktu menikmati kesendirian biasanya itu kita lakukan untuk mengoptimalkan energi kita melakukan sesuatu yang memang kita butuhkan. Kita melakukan hal-hal yang memang kita butuhkan tanpa harus membuang energi untuk hal lain yang sedang tidak benar-benar kita inginkan. Lakukan hal yang paling kamu sukai sendiri, biasanya dari sini suasana hati akan membaik.

5. Melakukan Hal Baru

Tidak melakukan apa-apa atau bingung harus melakukan apa bisa memicu ketidaknyamanan dalam diri. Cobalah untuk melakukan hal baru. Entah itu ritual baru, kebiasaan baru, atau kegiatan baru. Lakukan hal yang belum pernah dicoba sebelumnya. Saat pikiranmu sudah fokus melakukan hal tersebut, maka kamu tidak akan lagi punya waktu untuk memikirkan rasa tidak nyaman yang menghampirimu.

6. Menikmati Alam Terbuka

Pada tahun 1984, Robert Ulrich, Ph.D., dosen di Chalmers University of Technology di Swedia, seperti yang dikutip dari buku Honjok: Seni Hidup Sendiri, mendapati bahwa pasien berhasil mengatasi rasa sakit pasca-operasi dengan lebih baik jika melihat pepohonan dari jendela kamar. Bukti dari 140 lebih penelitian yang melibatkan 290 juta orang juga menunjukkan bahwa menikmati suasana serbahijau dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan. Suasana serbahijau yang dimaksud ini bisa meliputi taman kota, tanaman hijau di tepi jalan, hingga lahan terbuka tanpa bangunan yang dihiasi tetumbuhan alami.

7. Curhat kepada Orang yang Paling Dipercaya

Saat pikiran sedang suntuk dan tidak bersemangat, berbagi cerita atau curhat kepada orang yang paling kamu percaya bisa bantu perbaiki suasana hatimu. Bisa menumpahkan uneg-uneg akan membuat perasaanmu lebih nyaman. Sehingga bisa kembali melakukan aktivitas dan rutinitas seperti biasa.

Semoga tips dan cara di atas membantumu, ya. Kalau punya kiat atau cara lain, boleh juga lho berbagi infonya di sini.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading