5 Alasan Percaya Diri Itu Cantik dan Mempesona, Jadi Stop Insecure!

Febi Anindya Kirana03 Jan 2022, 18:45 WIB
Diperbarui 03 Jan 2022, 18:45 WIB
perempuan tersenyum bahagia chubby

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang terlahir dengan rasa percaya diri yang tinggi, beberapa di antara kita pasti ada yang merasa minder bahkan insecure dengan segala sesuatu yang ada di dalam diri kita. Tapi tahukah kamu, jika ingin merasa cantik, maka salah satu syaratnya harus percaya diri. Ini sekian alasan mengapa kamu butuh merasa percaya diri.

1. Menunjukkan caramu melihat dirimu sendiri

Kamu tak bisa berharap orang lain bisa menghargai dan mencintaimu tanpa syarat jika dirimu sendiri tak bisa mencintai dirimu sendiri. Ketika kamu mampu melihat dirimu sendiri secara positif, maka banyak hal pun akan datang padamu dengan cara yang positif. Jika merasa insecure sebagai individu, bagaimana kamu akan bisa maju dalam hidup?

2. Pertahanan terbaik dalam hidup

cuek mandiri percaya diri
ilustrasi perempuan mencintai diri sendiri/copyright by mentatdgt (Shutterstock)

Daripada menyibukkan diri dengan mendengar dan menyesuaikan diri dengan pendapat orang lain, kamu menjalani hidup sesuai dengan jati dirimu sendiri. Itulah tanda dirimu kuat. Kamu tahu bagaimana cara mempertimbangkan saran dan kritik, bukan hidup berdasarkan 'apa kata orang'. Orang yang merasa percaya diri juga tak akan terjebak mengalami bullying, karena orang tersebut menegaskan kekuatan. Pem-bully justru merasa terancam dengan orang yang kuat dan mampu bertahan.

3. Menunjukkan kecerdasanmu

Otak dengan pengetahuan luas adalah sesuatu yang tak banyak dimiliki orang. Memiliki otak cerdas biasanya dapat meningkatkan kepercayaan diri. Termasuk ketika kamu mengungkapkan pendapat atau argumen berdasarkan fakta dan informasi yang benar. Tanpa rasa percaya diri, bahkan jika kamu berteriak keras namun jika cara bicaramu dipenuhi dengan keraguan, tak akan ada yang percaya. Lihat saja, bagaimana bisa orang berbohong mudah dipercaya orang lain? Itu karena ia merasa percaya diri. Jika mereka yang 'fake' saja bisa, mengapa kamu yang 'real' tidak bisa?

4. Mendorong pemikiran positif

perempuan dan jalan percaya diri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/PRImageFactory

Siapa yang ingin berada di dekat seseorang yang selalu negatif sepanjang waktu? Tidak ada, itu pasti. Orang percaya diri akan memiliki energi atau aura positif dan optimis, sedangkan mereka yang insecure selalu memberikan aura negatif dan pesimis. Mereka yang memiliki pikiran positif akan menghadapi tantangan kehidupan dengan tenang dan rasional, bukannya mengeluh dan mundur sebelum mencoba. Mau dirimu dijauhi banyak orang karena selalu menularkan aura negatif?

5. Menunjukkan kepemimpinan

Pemimpin yang merasa minder tidak akan bisa bertahan menghadapi tantangan, bahkan tak bisa mempertahankan posisinya sebagai pimpinan karena ia pasti akan diremehkan anak buahnya. Tidak ada yang mau mengikuti arahan seseorang yang tidak bisa menegaskan dirinya sendiri. Hanya mereka yang punya rasa percaya diri yang besar dan tidak merasa insecure yang bisa mengarahkan dan membawa timnya untuk maju. Tidak ada yang memercayai kemampuan seseorang untuk memimpin jika orang itu tidak yakin dengan dirinya sendiri.

Jadi, masih suka insecure sendiri Sahabat Fimela? Belajarlah melatih kepercayaan dirimu dengan mengenali kelebihan dan kemampuanmu mulai saat ini, karena percaya diri itu cantik dan mempesona.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela