Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang Mengalami Insecure Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Insecure adalah perasaan cemas berlebih dalam diri yang kerap membuat kita merasa rendah dan meragukan kemampuan yang kita miliki.  Perasaan insecure ini akan membuat kita merasa tidak pantas bahkan tak berharga. Banyak hal yang membuat seseorang merasa insecure, misalnya bentuk tubuh, keterampilan, popularitas dan sebagainya. Dan tak hanya dalam pertemanan saja, insecure ini juga bisa terjadi di dalam hubungan asmara atau pernikahan, lho.

Mau tahu bagaimana tanda orang yang insecure? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Menuntut diri untuk sempurna

Seseorang yang menuntut dirinya untuk selalu sempurna biasanya takut melakukan kesalahan sekecil apapun dan tak mau terlihat jelek di mata orang lain. Bahkan mereka tak jarang menerapkan standar yang tinggi untuk diri sendiri tapi pada akhirnya itu hanya akan membuahkan kekecewaan.

2. Butuh pengakuan dari orang lain

Tanda lain dari orang yang sedang merasa insecure ialah mereka butuh diakui orang lain. Semakin besar keinginan mereka untuk diakui, maka semakin besar pula rasa insecure dalam dirinya. Orang seperti ini biasanya menjadikan penilaian orang lain memengaruhi kehidupannya.

3. Suka mengorbankan dirinya demi orang lain

Seorang yang merasa insecure selalu ingin membahagiakan orang lain, bahkan rela mengorbankan kepentingan pribadinya. Mereka selalu berusaha menghindari konflik, daripada mendapatkan masalah, mereka lebih baik mengorbankan dirinya sendiri.

4. Suka pamer secara tersirat

Karena merasa rendah diri, orang yang insecure akan mencari cara untuk membuat dirinya dihargai orang lain. Misalnya dengan membanggakan diri, seperti menceritakan pengorbanan atau kebaikan yang pernah dilalukan di masa lalu. Bahkan, tak jarang mereka memuji dirinya dengan menjatuhkan orang lain.

5. Tidak mau kalah dari orang lain

Orang yang insecure tidak mau terlihat lebih rendah atau kalah dari orang lain. Jika melihat ada orang yang melakukan sesuatu lebih baik darinya, itu akan dianggap sebagai ancaman atau persaingan. Sehingga mereka akan menunjukkan bahwa dirinya lebih baik dari orang di sekitarnya.

Jika tanda-tanda tersebut ada pada dirimu, itu mungkin berarti kamu sedang mengalami insecure. Kamu bisa mengatasinya dengan belajar menerima kekurangan, mencintai diri sendiri, lebih bersyukur dan berhenti membandingkan diri dengan orang lain.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading