5 Cara Sehat Atasi Rasa Insecure dengan Bentuk Tubuh Sendiri

Endah Wijayanti07 Jan 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 07 Jan 2022, 11:04 WIB
tips sebelum yoga

Fimela.com, Jakarta Seringkali terjadi ketika berjumpa dengan kawan-kawan lama, hal pertama yang dikomentari adalah berat badan. Seperti lebih kurus dan lebih gemuk. Mungkin soal berat badan perubahan tubuh menjadi salah satu bahan basa-basi membuka obrolan, hanya saja jika sudah berlebihan bisa mengarah pada bodyshaming.

Saat kita menjadi korban bodyshaming, biasanya kita akan merasa makin insecure dengan bentuk tubuh sendiri. Kita makin tidak percaya diri dengan diri sendiri. Kalau kondisinya makin parah, kita jadi makin membenci diri sendiri. Padahal orang pertama yang perlu kamu sayangi adalah diri sendiri, dan bentuk tubuhmu tetap perlu kami terima serta jaga dengan sebaik mungkin.

1. Terima Diri Seutuhnya

Suka tidak suka, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menerima diri seutuhnya. Misalnya, tinggi badanmu tidak setinggi teman-teman sebayamu, dan sering membuatmu minder saat berjalan bersama mereka. Alih-alih bersembunyi, terima saja dirimu seutuhnya. Memangnya kenapa kalau punya tubuh lebih pendek? Toh, kamu bisa tetap melakukan ragam aktivitas dengan nyaman. 

2. Jaga Kondisi Tubuh dengan Cara Bertanggung Jawab

olahraga aerobik
ilustrasi/photo By TuiPhotoEngineer (Shutterstock)

Daripada terus merasa insecure dengan bentuk tubuh sendiri, mending fokus jaga dan rawat diri dengan baik. Imbangi dengan pola makan dan gaya hidup sehat. Menjaga kekebalan tubuh dan selalu sehat setiap saat menjadi hal luar biasa yang sudah sepatutnya disyukuri. Saat sudah lebih fokus menjaga dan merawat diri, kita tak akan lagi mudah merasa rendah diri dengan bentuk tubuh kita.

3. Berbaik Hati dengan Diri Sendiri

Tips Makeup Agar Awet Saat Musim Hujan
Ilustrasi./ copyright shutterstock

Berbaik hati dengan diri sendiri maksudnya tak perlu menyalahkan diri sendiri jika ada yang mencibir bentuk tubuhmu. Kalau kamu merasa tersinggung dengan ucapan orang yang melakukan bodyshaming terhadapmu, tak apa jika ingin berkata jujur. Meski tak semua orang bakal mengerti atau memahami, setidaknya kamu bisa memberikan hak pada dirimu sendiri untuk mendapatkan kenyamanan.

4. Kurangi Membandingkan Diri dengan Orang Lain

menggunakan aplikasi kencan online
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/themorningglory

Di media sosial, mudah bagi kita untuk membuat perbandingan. Melihat foto seseorang yang tampak lebih langsing, kita langsung merasa insecure. Padahal yang perlu kamu perhatikan saat ini adalah dirimu sendiri. Kurangi obsesi membandingkan diri dengan orang lain agar tidak gampang merasa insecure. 

5. Fokus Lakukan Hal-Hal yang Jadi Keahlianmu

aku uang dan ibu rumah tangga
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/tuaphoto

Daripada hanya menyalahkan bentuk tubuh yang ada, mending fokus melakukan hal-hal yang masih bisa kamu lakukan. Fokus melakukan hal-hal yang menjadi keahlian atau yang kamu kuasai. Sehingga hidupmu jadi terasa lebih bermakna dan berarti.

Yuk, mulai lebih menyayangi diri sendiri. Saatnya untuk mengurangi rasa insecure agar  bisa lebih bahagia jalani hidup.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela