5 Cara Menjadi Perempuan yang Tak Mudah Insecure saat Usia Bertambah

Endah Wijayanti07 Jan 2022, 10:36 WIB
Diperbarui 07 Jan 2022, 10:36 WIB
perempuan dan terbiasa mandiri

Fimela.com, Jakarta Pertambahan usia adalah sesuatu yang tak bisa kita hindari. Seiring waktu berjalan, kita akan dihadapkan pada perubahan hari hingga tahun. Setiap tahun usia kita bertambah, dan hal ini sebenarnya perlu kita syukuri. 

Memang pada situasai tertentu kita merasa insecure dengan usia yang bertambah. Seiring bertambahnya usia, rasanya semakin banyak hal yang perlu diurus. Ada berbagai tuntutan yang perlu dipenuhi. Belum lagi dengan peran dan tanggung jawab baru yang perlu dijalani. Meski begitu, selalu ada cara yang bisa kita coba agar tidak mudah insecure dengan pertambahan usia yang ada.

1. Ambil Hikmah dari Kejadian Masa Lalu

Kejadian di masa lalu kadang masih terus membayangi kita pada saat ini. Apalagi untuk kejadian buruk atau tak menyenangkan di masa lalu, rasanya kita sulit untuk berdamai dengan semua. Namun, selalu ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil dari kejadian masa lalu. Maka, coba untuk menerima semua yang terjadi di masa lalu, dan ambil hal baik untuk jadi bekal melangkah ke depan.

2. Bersyukur dengan Semua yang Sudah Ada

perempuan dan soal serba bisa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/teerapat+tongraar

Daripada terus menerus insecure, mendiang lebih banyak bersyukur. Untuk semua yang sudah ada, kita perlu mensyukuri. Untuk semua yang masih kita miliki dan rasakan, bersyukurlah. Tak perlu menghabiskan energi untuk cemas berlebihan atau gelisah berlebihan. Sebab hal-hal kecil di sekitar kita ini sebenarnya menghadirkan berkah dan anugerah yang luar biasa untuk hidup kita.

3. Fokus pada Hal-Hal yang Bisa Dilakukan

perempuan dan beruntung
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Chakkrit

Seringkali kita merasa insecure karena memaksakan hal yang sulit untuk kita gapai atau wujudkan. Seperti ketika mengharapkan jodoh bisa segera datang tapi seiring bertambahnya usia, jodoh tak kunjung menunjukkan tanda-tandanya. Saat kita tak bisa memaksakan jodoh untuk datang sesuai dengan kehendak kita, ada baiknya untuk fokus dengan prioritas dan hal-hal yang bisa kita lakukan saat ini. Kita masih bisa memaksimalkan waktu dan potensi diri untuk menjadi versi diri kita yang lebih baik saat ini.

4. Miliki Rutinitas yang Bermanfaat

tips bangun pagi lebih mudah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/whyframe

Kebanyakan "waktu luang" kadang malah tidak baik untuk kita. Terlalu sering bermalas-malasan hanya akan membuat kita kehilangan arah. Beristirahat dengan cukup tetap perlu, dan ini juga perlu diimbangi dengan memiliki rutinitas atau kesibukan yang bermanfaat. Isi waktumu dengan hal-hal yang bermanfaat, sehingga kamu tak lagi punya waktu untuk merasa insecure.

5. Rawat Diri dengan Cara yang Paling Nyaman

perempuan dan keberanian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Svetlana+Sokolova27

Rawat diri dengan cara yang paling membuatmu nyaman. Seperti merawat kulit wajah dengan produk yang cocok dengan jenis dan kondisi kulitmu. Memakai baju yang paling nyaman sesuai dengan kebutuhan. Menjaga pola makan seimbang dan olahraga teratur. Saat sudah merawat diri dengan baik, ada rasa nyaman yang hadir dan ini bisa menghalau rasa cemas atau insecure yang mungkin menghampiri.

Pertambahan usia adalah hal yang perlu kita syukuri. Semoga dengan semakin bertambahnya usia, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa menghadirkan lebih banyak manfaat untuk orang dan lingkungan sekitar kita.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela