Bersahabat dengan Rasa Insecure, Perempuan Bisa Lebih Sukses Jalani Hidup

Endah Wijayanti10 Jan 2022, 14:15 WIB
Diperbarui 10 Jan 2022, 14:15 WIB
karier dan pekerjaan

Fimela.com, Jakarta Tiap perempuan punya insecurity-nya masing-masing. Ada yang tidak percaya diri dengan bentuk tubuh, wajah, warna kulit, rambut, dan berat badan. Ada juga yang tidak percaya diri dengan status pendidikan hingga latar belakang keluarga. Tak sedikit pula yang merasa rendah diri dengan hal-hal yang di mata orang lain tampak biasa.

Rasa insecure memang membuat kita tak nyaman. Meskipun begitu, selalu ada cara untuk berdamai dengan perasaan tersebut. Teringat sebuah kutipan menarik dari serial The Chair. Dalam salah satu episodenya, ada kalimat, "No woman ever got anywhere by underselling herself." Perempuan tidak bisa sukses jika terus merendah. Kalau kita terus merasa rendah diri dan insecure, maka sulit bagi kita untuk bisa mencapai kesuksesan yang kita inginkan.

Ubah Rasa Insecure Menjadi Motivasi Baru

perempuan karier
ilustrasi/photo created by pressfoto - www.freepik.com

Kadangkala semakin keras upaya kita menolak rasa insecure, semakin kuat rasa insecure itu hadir di dalam diri kita. Kalau hal ini yang terjadi, ada baiknya untuk menerima rasa yang ada seutuhnya. Lalu, kita jadikan motivasi atau awal semangat baru untuk melakukan hal baru.

Misalnya, kamu merasa insecure dengan status pendidikanmu yang tidak setinggi teman-temanmu. Dari sini, kamu tak perlu merasa rendah diri atau berkecil hati. Lakukan dan tekuni bidang yang kamu suka dan kuasai. Raih kesuksesanmu sendiri. Buktikan bahwa kamu juga bisa melakukan hal yang bermakna dalam hidupmu.

Nyaman dengan Diri Sendiri akan Membuatmu Lebih Kuat

bahagia dewasa bekerja karier
ilustrasi/Photoroyalty/Shutterstock

Mengutip buku Insecurity is My Middle Name, "Butuh waktu selamanya untuk merasa nyaman dengan diri sendiri." Berdamai dengan rasa insecure bisa jadi butuh waktu yang lama dan panjang. Bahkan dari waktu ke waktu kita akan dihadapkan pada jenis insecurities yang baru. Maka dari itu, penting bagi kita untuk bisa bersahabat dengan rasa insecure yang ada. Saat kita sudah berdamai dan bersahabat dengan rasa insecure yang kita punya, kita bisa lebih nyaman menjadi diri sendiri. Kalau sudah nyaman, kita bisa punya kekuatan hati dan keteguhan jiwa untuk melakukan yang terbaik dalam hidup kita.

Belum terlambat untuk melangkah dengan semangat baru. Semoga apa pun insecurity yang sedang kamu punya atau hadapi bisa kamu atasi dengan baik, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela