Sukses

Lifestyle

8 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus Menjadi Masalah yang Serius

Fimela.com, Jakarta Ketika hewan peliharaan kita menolak untuk makan dan memilih tidur terus tentu akan membuat kita sangat sedih dan jika hal ini dibiarkan terus menerus akan berakibat fatal. Ketika hewan tidak cukup makan, mereka akan mengandalkan cadangan lemak untuk membuat mereka berenergi.

Sebelum lemak yang disimpan maka akan dapat digunakan untuk bahan bakar, lemak tersebut akan diproses di hati. Tentu hal ini akan membuat kucing mengalami penurunan berat badan. Kondisi berbahaya satu ini dikenal sebagai lipidosis hati, yang akan menyebabkan gagal hati.

Hilangnya nafsu makan juga akan menunjukkan penyakit, jadi kamu harus berkonsultasi dengan dokter hewan untuk melihat perubahan dalam kebiasaan makan kucing. Penyebab kucing tidak mau makan merupakan indikatif utama bahwa terjadinya masalah. Untuk itu intip apa saja penyebab kucing tidak mau makan dan tidur terus yang bikin khawatir :

1. Kucing Sakit

Kucing yang tidak mau makan bisa menjadi tanda bahwa ia sedang sakit, Seperti flu kucing, diabetes, demam, dan masalah pada ginjal. Padahal, bisa jadi kucing akan mengalami nyeri di bagian tubuh tertentu. Jika kucing kamu biasanya aktif dan tiba-tiba menjadi pendiam bahkan demam, ada baiknya jika kamu membawanya ke dokter hewan terdekat.

2. Pemilih Makanan

Siapa bilang hanya bayi yang harus dipilihkan makanan tertentu untuk dikonsumsi? Ternyata kucing juga bisa memilih makanan dan ketika kamu memelihara kucing biasanya akan memiliki beberapa makanan yang berbeda-beda.

Kucing sebenarnya akan sangat fleksibel dalm mencoba beberapa makanan yang berbeda. Kucing yang sedang sakit biasanya akan mengalami lemas, tidak nafsu makan, dan keluhan lainnya. Namun, untuk kucing pemilih hanya akan makan makanan tertentu saja.

3. Bosan dengan Makanan

Seperti manusia, kucing juga akan mengalami kebosanan dengan makanan yang mereka pilih. Jika kamu memberi makanan kering selama sebulan penuh maka akan membuat kucing mogok makan.

Sebagai trik untuk menghilangkan nafsu makan pada kucing, kamu dapat selingi pola makan dalam khidupan sehari-hari. Seperti kamu menjadwalkan sarapan untuk menyajikan full dry food, dan sorenya dipadukan dengan wet food. Ini mungkin akan memancing nafsu makan kucing lagi, meskipun porsinya tidak akan sebanyak diawal.

 

4. Baru di vaksinasi

Kucing yang baru saja di vaksinasi akan kehilangan nafsu makan. Hal ini dikarenakan kucing alergi terhadap cairan yang disuntikkan ke tubuh, Namun jangan khawatir, karena efek samping dari vaksinasi ini aka bersifat sementara dan tidak semua kucing mengalaminya. Biasanya nafsu makan kucing akan kembali normal dalam waktu 1 hingga 2 hari.

5. Stress dan Depresi

Saat mengalami stress dan depresi ada kemungkinan kucing tidak mau makan dan memilih untuk tidur. Penyebabnya juga sangat beragam seperti kucing yang barus saja bepergian jauh atau kamu baru saja mengadopsi kucing sehingga tidak terbiasa dengan rumah barunya. Peningkatan tingkat stress kucing akan memiliki pengaruh yang signifikan.

6. Disterilkan

Ketika ketika kucing mengalami mandul biasanya akan berada di fase tidak ingin makan karena terdapat beberapa masalah, seperti berikut:

  • Efek anestesi setelah operasi akan membuat kucing mual.
  • Nyeri pada bagian perut.
  • Pertamaa menggunakan E-Collar, kucing yang menggunakan e-collar biasanya akan merasa tidak nyaman dan akhirnya tidak mau makan.

7. Kucing yang Sudah Tua

Sama halnya seperti manusia, anatomi tubuh kucing juga akn menurun seiring bertambahnya usia. Mulai dari indera penciuman, gerakan, hingga pencernaan. Jadi jangan panik jika pada fase ini kucing akan mengalami nafsu makan yang kurang. Kucing yang sudha tua akan rentan terhadap masalah kesehatan, termasuk masalah gigi dan gusi, serta rematik yang akan membuat kucing malas untuk bergerak.

8. Area Mulut yang Bermasalah

Masalah pada mulut juga bisa menjadi penyebab kucing tidka mau makan dan tidur terus menerus. Mungkin ada gigi yang hilang, lesi yang meluas, gigi patah, atau abses gusi. Masalah di area mulut inilah yang akan membuat kucing kesakitan dan kesulitan menelan makanan, akibatnya akan membuat kucing tidak nafsu makan dan memilih untuk tidur.

Seperti manusia, kucing akan bertahan hidup lebih lama tanpa makanan daripada air. Kucing juga akan bertahan hidup selama sekitar dua minggu tanpa makanan dan hanya memiliki waktu untuk minum. Namun, jika kucing kamu tidak memiliki nutrisi yang baik dan tepat, maka akan semakin melemah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading