15 Fakta Menarik Psikologi yang Tak Banyak Diketahui

Baiq Nurul Nahdiat13 Jan 2022, 17:05 WIB
Diperbarui 13 Jan 2022, 17:31 WIB
Fakta Psikologi Menarik yang Tak Banyak Diketahui

Fimela.com, Jakarta Psikologi tak hanya digunakan untuk mengetahui karakter atau kepribadian seseorang, lho. Karena psikologi juga bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk memahami situasi di sekitar kita bahkan membantu kita menyelesaikan masalah.

Tak hanya itu, ada juga beberapa fakta menarik psikologi yang membahas tentang manusia, hubungan asmara serta kesehatan, dan beberapa di antaranya jarang ada yang tahu lho. Buat kamu yang mau menambah pengetahuan, berikut ini beberapa fakta psikologi yang menarik untuk disimak.

1. Tulisan tangan

Tulisan tangan yang jelek dimiliki orang yang cerdas, karena dia fokus pada apa yang dikerjakan bukan fokus untuk memperindah tulisannya.

2. Persahabatan

Jika persahabatan yang berlangsung lebih dari tujuh tahun, maka kemungkinan besar persabahatan itu akan berlangsung seumur hidup.

3. Orang humoris

Seorang yang humoris atau yang paling lawak di antara teman-temannya dan suka tertawa paling keras biasanya masalahnya paling banyak, tetapi dia mencoba menutupinya.

4. Alasan orang mudah marah

Seseorang yang mudah marah atau kesal bahkan terhadap hal-hal kecil sebenarnya mereka kekurangan kasig sayang dan perhatian.

5. Fakta unik perempuan

Perempuan pada dasarnya lebih suka suara pria yang serak karena terdengar lebih percaya diri dan maskulin.

6. Bahaya kesepian

Fakta Psikologi Menarik yang Tak Banyak Diketahui
Fakta Psikologi Menarik yang Tak Banyak Diketahui. (Ilustrasi kesepian/Shutterstock.com/shisu_ka)

Kesepian dalam waktu yang lama bisa berdampak pada kesehatan yang sama buruknya dengan menghabiskan 15 batang rokok per hari.

7. Orang yang memberi nasihat

Orang yang paling sering memberi nasihat biasanya adalah orang yang paling memiliki banyak masalah.

8. Fakta tentang mimpi

Ketika seseorang muncul dalam mimpimu, itu artinya orang tersebut sedang merindukanmu atau ingin bertemu denganmu.

9. Orang yang mudah menangis

Orang yang mudah menangis dan tersentuh bahkan karena hal-hal kecil sekalipunm, itu tandanya dia benar-benar tulus dan mudah berempati pada orang lain.

10. Orang lebih bahagia menghabiskan uangnya untuk orang lain

Menghabiskan uang untuk orang lain akan jauh lebih membahagiakan seseorang daripada menghabiskannya untuk diri sendiri. Inilah yang membuat perasaan jadi tenang dan bahagia setelah berderma atau menolong orang lain.

11. Kebahagiaan bisa menular

Fakta Psikologi Menarik yang Tak Banyak Diketahui
Fakta Psikologi Menarik yang Tak Banyak Diketahui. (ilustrasi/shutterstock.com/Tom Wang)

Dikelilingi oleh orang yang bahagia akan membuatmu hidup bahagia. Seebuah penelitian mengungkapkan, baik kebahagiaan atau stres adalah hal yang bisa menular dari satu orang ke orang lainnya.

12. Cinta bisa bikin malas

Jatuh cinta bisa membuat seseorang jadi malas, inilah yang membuat orang jadi susah produktif saat jatuh cinta.

13. Jatuh cinta sama adiktifnya dengan kafein atau nikotin

Jatuh cinta itu sama adiktifnya dengan kafein atau nikotin. Pada saat jatuh cinta, dopamin sebagai hormoin kebahagiaan akan diproduksi lebih banyak oleh tubuh sehingga membuatmu merasa bahagia dan nyaman.

14. Menguap itu menular

Menguap, tertawa, dan batuk itu sama -sama bisa menular. Ini menunjukkan bahwa semua orang terhubung satu dengan yang lainnya yang dirasakan dalam bentuk empati.

15. Pria lebih mudah jatuh cinta

Pria lebih mudah jatuh cinta daripada perempuan, karena pria cenderung mennggunakan visualiasi sementara perempuan cenderung menggunakan perasaan.

Itulah sekian fakta menarik tentang psikologi, kalau kamu ingin mengetahui informasi menarik dan bermanfaat yang lebih banyak tentang psikologi, asmara, parenting, resep, fashion bahkan berita terupdate, kamu bisa cari informasinya di Fimela.com!

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela