7 Cara Mengatasi Perasaan Bersalah yang Berlebihan

Febi Anindya Kirana14 Jan 2022, 15:15 WIB
Diperbarui 14 Jan 2022, 21:02 WIB
perempuan memeluk sedih

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup, setiap orang pasti pernah merasa bersalah, entah itu terhadap sesuatu atau seseorang karena suatu pengalaman yang sulit dilupakan. Perasaan bersalah sangat wajar dirasakan setiap orang selama masih dalam batas wajar, tapi jika tidak, justru bisa mengganggu kesehatan mental.

Seringkali perasaan bersalah ini memicu insecurity dalam diri banyak orang. Agar tak selalu merasa bersalah, begini cara mengatasinya dilansir dari Healthline.

1. Terima kesalahanmu

Mengabaikan atau mencoba tidak menganggap kesalahan yang kamu lakukan hanya akan memperburuk keadaan. Sebaliknya, hadapi rasa bersalah itu. Sebutkan dengan jelas seperti apa rasa bersalah yang terus menghantuimu tersebut. Kamu akan dipenuhi keinginan untuk menangis ketika menyebutkannya, dan itu wajar. Keluarkan emosimu.

2. Belajar dari masa lalu

memeluk diri sendiri self love
ilustrasi mencintai diri sendiri/photo created by wayhomestudio - www.freepik.com</a>

Setelah mengetahui dengan jelas di mana letak rasa bersalahmu, maka belajarlah dari pengalaman tersebut. Hanya orang yang tidak berkembang yang mengulangi kesalahan yang sama, jadi jangan menjadi orang yang sama dan tak menunjukkan perubahan.

3. Menebus kesalahan

Jika kamu merasa kesalahan itu bisa ditebus atau bisa diperbaiki, maka perbaiki dengan cara yang baik. Bahkan jika kamu merasa tak bisa mengubah apa pun setelah kejadian itu, akan selalu ada cara untuk menebus kesalahan, salah satunya adalah dengan lebih banyak berbuat baik kepada banyak orang, menjadi manusia yang lebih bermanfaat untuk sekitar.

4. Memaafkan diri sendiri

Semua manusia di dunia ini pasti pernah melakukan kesalahan, dan kamu tahu dengan jelas hal itu. Jadi mengapa harus dihantui rasa bersalah yang berlebihan? Jika sudah minta maaf dan berusaha mengubah diri menjadi lebih baik, maka itu sudah cukup. Maafkan dirimu sendiri karena melakukan kesalahan, bukannya tetap menyalahkan diri sendiri.

5. Berlatih mencintai diri sendiri

mencintai diri sendiri
ilustrasi mencintai diri sendiri/Photo by Muhammad Ruqiyaddin on Unsplash

Belajarlah menyadai bahwa dirimu pun perlu dicintai dengan tulus oleh dirimu sendiri. Ketika kamu tak bisa memberikan cinta yang sama seperti kamu mencintai orang lain, maka tak ada gunanya. Belajarlah mencintai dirimu sendiri lebih dulu agar bisa terlepas dari rasa bersalah.

6. Belajar menerima

Pahami bahwa sesuatu tidak harus terjadi dengan label benar dan salah. Segalanya terjadi karena sudah ditakdirkan seperti itu. Jalan hidup yang kamu lalui, sekalipun kamu merasa kamu bisa melakukannya dengan lebih baik, namun sudah digariskan seperti itu. Jangan menyesali secara berlebiahn. Lepaskan beban itu.

7. Bersamalah orang-orang yang mencintaimu

Ungkapkan pikiran dan perasaanmu kepada orang-orang yang mendukung dan mencintaimu, bukan menyalahkanmu. Penting sekali memiliki support system yang bisa menjaga kedamaian hati dan pikiran.

Jadi, kapan pun kamu merasa bersalah berlebihan, ingat sekian cara di atas agar tak terus membebani diri sendiri.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela