5 Cara Mengatasi Orang yang Suka Menjatuhkanmu

Baiq Nurul Nahdiat14 Jan 2022, 16:05 WIB
Diperbarui 14 Jan 2022, 16:05 WIB
Cara Mengatasi Orang yang Suka Menjatuhkanmu

Fimela.com, Jakarta Baik di lingkungan sosial, pertemanan, tempat kerja, sekolah dan lingkungan lainnya, pasti kamu akan dipertemukan dengan orang yang tak menyukaimu. Karena sebaik apapun kamu, kalau memang orang tersebut tidak suka, tetap saja mereka tak akan menunjukkan sikap yang baik.

Mungkin orang yang tak menyukaimu akan mencoba menjatuhkan atau menjelekkanmu, tapi jangan sampai kamu terpancing dan membalas perlakuan mereka, karena itu adalah hal yang sia-sia dan tak ada gunanya sama sekali.

Berikut ini beberapa cara untuk menghadapi orang yang suka menjatuhkanmu.

1. Bersikap cuek

Orang yang jahat kalau ditanggapi justru akan semakin menjadi-jadi. Tapi sebaliknya kalau kamu cuek, dengan sendirinya dia akan berhenti. Jangan mudah baper dengan kata-katanya, tetaplah percaya diri karena apa yang mereka katakan belum tentu benar.

2. Bersikap biasa saja

Tentu saja orang yang menjatuhkan kita akan membuat kita kesal, tapi sekesal apapun kamu tetap kendalikan emosimu dengan baik. Justru kalau kamu membalasnya dengan menjelekkan akan semakin menyulut peperangan di antara kalian. Sebaiknya, tetap bersikap biasa saja dan biarkan dia sibuk dengan dirinya sendiri.

3. Jangan membicarakannya dengan orang lain

Cara Mengatasi Orang yang Suka Menjatuhkanmu
Cara Mengatasi Orang yang Suka Menjatuhkanmu. (ilustrasi perempuan sedih/maruco/Shutterstock)

Dijatuhkan seseorang pasti membuatmu kesal sehingga kamu mungkin ingin mengadu pada orang lain. Sebisa mungkin hindari hal seperti ini, karena kalau melakukannya, kamu tak ada bedanya dengan dia. Kalau memang mau menyelesaikan masalah, ajak dia bicara secara langsung dan beri tahu apa yang membuatmu keberatan.

4. Fokus dengan dirimu sendiri

Walaupun kamu merasa risih dengan tindakan seseorang yang suka menjatuhkanmu, jangan ambil pusing dan tetaplah fokus dengan dirimu sendiri. Kamu tak akan bisa mengatur bagaimana penilaian orang lain terhadapmu, jadi kamu sendiri yang harus bisa mengatur perasaan dan tanggapanmu atas mereka.

5. Bersikap tegas

Cara Mengatasi Orang yang Suka Menjatuhkanmu
Cara Mengatasi Orang yang Suka Menjatuhkanmu. (ilustrasi/theshots.co/Shutterstock)

Kalau satu dua kali mereka menjatuhkanmu mungkin masih bisa dimaafkan. Tapi kalau dia sudah kelewatan, jangan biarkan dia menginjak-nginjakmu. Ini bukan bermaksud untuk membalas dendam tapi kamu harus bersikap tegas dan menjelaskan bahwa kamu tak suka dengan sikapnya.

Jangan pernah merasa takut dengan orang yang suka menjatuhkanmu, karena semakin kamu takut maka dia juga akan merasa semakin berkuasa. Tunjukkan bahwa kamu bukan orang bisa diperlakukan seenaknya dengan cera yang tegas.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela