5 Cara Atasi Rasa Insecure saat Tak Dipedulikan Orang Terdekat

Endah Wijayanti15 Jan 2022, 11:31 WIB
Diperbarui 15 Jan 2022, 11:31 WIB
menjelajahi pulau di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Tidak dipedulikan oleh orang terdekat memang membuat kita tak nyaman. Tidak dipedulikan oleh pasangan membuat kita merasa tidak dicintai. Tidak dipedulikan teman atau sahabat membaut kita merasa tak dihargai. Tidak dipedulikan oleh rekan kerja membuat kita rendah diri.

Saat muncul rasa insecure karena tidak dipedulikan oleh orang terdekat, biasanya akan disertai dengan rasa kesal dan kecewa. Kita kesal karena sikap dan perlakuannya. Serta, kecewa karena ternyata orang yang paling kita sayangi dan cintai justru yang paling dalam memberikan luka. Meski begitu, kita masih bisa melakukan sejumlah cara untuk mengatasi rasa insecure yang ada.

1. Utarakan Rasa Kesal dan Kecewa yang Ada

Perasaan kesal dan kecewa ketika tidak dipedulikan oleh orang terdekat bisa membuat kita tertekan atau stres sendiri. Perasaan itu pun valid. Boleh kok merasa kesal dan kecewa. Kita juga bisa mengutarakan atau meluapkan perasaan tak nyaman itu agar hati kita lebih lega. Bisa dengan cara mengomunikasikannya langsung. Bisa juga dengan mencurahkan isi hati dan perasaan dengan orang terpercaya. Yang jelas, terima dan berdamailah dulu dengan perasaanmu tersebut.

2. Pulihkan Harga Dirimu

surat ayah dan potongan cerita
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Vanatchanan+Buahom

Mengutip buk How to Respect Myself, harga diri adalah setinggi apa penerimaan terhadap diri sendiri. Pikiran dan pandangan ini sangat dipengaruhi oleh emosi sehingga bersifat mengalir dan berubah-ubah setiap saat. 

Cobalah untuk memulihkan harga diri. Caranya?

Jadi, proses pemulihan harga diri mirip dengan proses naik sepeda. Harga diri bergerak terus seperti sepeda. Setelah menaikinya, kita akan memahami proses menjaga keseimbangan, mengendalikan setang, dan memutar roda. Harga diri bisa pulih jika kita berusaha. Biasanya ketika tidak dipedulikan orang terdekat, kita merasa diri kita tak berharga. Di sini, kita perlu mengambil jeda untuk menenangkan diri dan perlahan meyakinkan diri bahwa dirimu tetap berharga. Sebab orang yang paling butuh perhatian saat ini adalah dirimu sendiri.

3. Buat Diri Sendiri Nyaman Lebih Dulu

aku uang dan soal bekerja
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/mentatdgt

Daripada terus menyalahkan keadaan atau orang lain, mending fokus dulu untuk membuat diri sendiri nyaman. Buat diri senyaman mungkin dengan melakukan hal-hal yang bisa membuatmu senang atau bahagia. Kita tak bisa selalu mengatur respons orang lain atau menuntut setiap orang untuk selalu peduli pada kita. Yang bisa kita lakukan adalah kontrol diri kita dalam memperlakukan diri sendiri dengan sebaik mungkin.

4. Perlahan-lahan Maafkan Segalanya

kisah my forgiveness matters 6
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Daripada terus memendam rasa kesal dan marah di dalam dada, mending lepaskan dan relakan. Maafkan segalanya. Maafkan orang yang telah melukai dirimu. Serta, maafkan juga dirimu yang mungkin sudah terlalu kerasa kepada diri sendiri. Relakan dan lepaskan hal-hal yang tak membuatmu nyaman, agar langkah dan hatimu bisa lebih ringan.

5. Tetap Berbuat Baik

kisah my forgiveness matters 5
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Tetaplah jadi orang baik. Bukan karena untuk orang lain, tapi untuk dan demi dirimu sendiri. Menjadi orang baik takkan merugikan siapa pun dan apa pun. Tidak dipedulikan orang terdekat bukan berarti jadi alasan kita untuk bersikap tidak peduli juga padanya. Justru dengan mempertahankan sikap baik, kita bisa lebih tenang dan nyaman serta tidak lagi mudah insecure.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, bagaimana atau apa cara terbaik untuk menyikap seseorang yang tak mempedulikanmu? Boleh lho berbagi pendapat atau pengalaman di sini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela