5 Cara Atasi Rasa Insecure saat Belum Bisa Bahagiakan Orangtua

Endah Wijayanti18 Jan 2022, 12:35 WIB
Diperbarui 18 Jan 2022, 12:35 WIB
cinta ibu dan harapan hidup

Fimela.com, Jakarta Merasa belum bisa membahagiakan orangtua bisa membuat kita merasa insecureAda rasa tidak nyaman dan tidak tenang saat kita belum bisa membuat orang yang paling berjasa dalam hidup kita bahagia. Bahkan kita seakan merasa jadi anak yang tidak berguna karena belum bisa jadi apa-apa.

Mengatasi rasa insecure karena belum bisa membahagiakan orangtua mungkin memang tak selalu mudah. Meskipun begitu, kita masih bisa mengupayakan hal terbaik untuk menjalani hidup dengan baik. Masih ada pilihan bagi kita untuk bisa menjadi anak yang berbakti.

1. Maafkan Diri Sendiri

Maafkan diri sendiri lebih dahulu. Tidak semua hal bisa berjalan lancar dan sesuai keinginan. Ada hal-hal yang terjadi di luar dugaan atau rencana kita, dan itu perlu kita terima dengan hati yang lapang. Termasuk ketika kita masih belum bisa menjadi kebanggaan orangtua kita, kita tetap perlu menerima diri kita seutuhnya. Maafkan diri sendiri sekaligus berterima kasih juga pada diri sendiri yang sudah berjuang dengan sebaik-baiknya hingga saat ini.

2. Sudahi Membandingkan Diri

surat ayah dan sikap yang berubah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/CandyRetriever

Kakak atau adikmu mungkin sudah lebih dulu membuat orangtua bangga dan bahagia. Sedangkan kamu masih harus berjuang lebih keras dan lebih susah untuk jadi kebanggaan orangtua. Muncul rasa sedih dan kecewa, itu wajar. Namun, setelah itu sudahi membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Sudahi perbandingan-perbandingan yang tidak membuatmu jadi lebih baik.

3. Tetap Lakukan Hal Terbaik Semampumu

surat ayah dan pegangan tangan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/NATTAKORN+MANEERAT

Ketulusan dan kesungguhanmu untuk membahagiakan orangtua pasti bisa sampai dan dirasakan oleh orangtua. Besar kecilnya materi atau besar kecilnya prestasi bukan satu-satunya standar cara untuk membahagiakan orangtua. Selamakita masih menunjukkan upaya dan melakukan hal terbaik untuk membuat orangtua bangga, maka itu sudah lebih dari cukup. 

4. Tekuni Bidang yang Kamu Sukai

surat ayah dan sosok ideal
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Freebird7977

Orangtua bisa ikut bangga dan bahagia saat melihat anaknya melakukan dan menekuni bidang yang disukainya. Maka, kamu bisa coba untuk melanjutkan dan menekuni bidang yang kamu suka. Terus asah kemampuan dan kompetensimu di bidang yang kamu sukai agar kamu bisa mencetak prestasi dan pencapaianmu sendiri.

5. Ungkapkan Rasa Sayang kepada Orangtua

surat ayah dan tanpa hadirmu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/shisukaa

Ungkapkan rasa sayang kepada orangtua. Bisa dengan memberi hadiah, kejutan kecil, atau sekadar pelukan hangat. Bisa juga disesuaikan dengan bahasa cinta atau kebiasaan dalam keluarga masing-masing. Menunjukkan dan mengungkapkan rasa cinta kepada orangtua bisa bantu membuat hatimu lebih tenang dan bahagia, sehingga tidak lagi gampang insecure.

Menjadi anak kebanggaan orangtua memang impian dan keinginan kita semua. Mungkin saat ini kita merasa masih jadi anak yang payah dan belum berbakti. Namun, selama kita tidak berhenti berusaha untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam hidup kita, maka selalu ada kesempatan untuk membuat orangtua kita tersenyum.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela