7 Ciri Orang Mandiri yang Nggak Bergantung pada Orang Lain

Gayuh Tri Pinjungwati18 Jan 2022, 16:15 WIB
Diperbarui 18 Jan 2022, 16:15 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Menjadi mandiri adalah kualitas yang baik. Itu berarti kamu kuat dan tidak mudah bergantung pada orang lain, baik secara pribadi atau profesional. Orang-orang yang mandiri tahu apa dan bagaimana mereka bisa mencapai tujuan dalam hidupnya. Mereka adalah orang yang tidak suka membuang-buang waktu dan disiplin.

Kualitas ini juga cukup dipertimbangkan dalam dunia kerja, lho. Nah, ada beberapa ciri lain dari orang-orang yang mandiri, mungkin saja kamu salah satu kriterianya. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Fokus pada Karier

Kamu memanfaatkan waktu dan energi untuk fokus pada karier. Kamu juga mungkin tidak begitu peduli dengan aktivitas lain yang tidak berkaitan dengan pekerjaanmu. Kamu begitu menghargai

2. Tahu Bagaimana Mengatakan Tidak

Kamu telah menjadi hebat dalam mengatakan "tidak" untuk hal-hal atau aktivitas yang tidak mengarahkanmu ke tujuan hidupmu. Kamu benar-benar mendominasi fokusmu pada waktu dan energimu. Kamu tidak ingin ada orang yang mengacaukan apa yang sedang kamu alami.

3. Mampu Mengendalikan Keungan

single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Orathai Mayoeh

Kamu mampu mengendalikan keuanganmu sendiri. Jika seseorang ingin membantumu mengurus ini, mungkin kamu menolaknya. Karena selama kamu bisa melakukannya sendiri, maka kamu tidak meminta bantuan kepada seseorang.

4.  Ambisius

Kamu selalu menginginkan lebih dalam hidupmu. Baik saja, tidak cukup, kamu tahu bagaimana bisa menjadi lebih baik. Kamu selalu meningkatkan diri dan melakukannya dengan baik untuk memastikan kamu menjadi pribadi yang menginspirasi[.

5. Menjadi Selektif dalam Mencari Hubungan

Kamu tidak mudah melamparkan diri pada hubungan yang tidak jelas. Kamu sangat teliti tentang hubungan yang ingin kamu jalani. Kamu melihat pola dan bertanya pada diri sendiri pertanyaan yang tepat beleum melangkah lebih jauh.

6. Kuat

Single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Monster Ztudio

Kamu tidak mudah tertipu atau terintimidasi. Karena kamu mandiri, kamu tahu apa yang kamu inginkan dari kehidupan dan kamu tau jelas tentang hal itu. Ini mempengaruhi harga diri dan kepercayaan dirimu secara positif karena kamu tidak akan menerima kurang dari apa yang kamu rasa pantas kamu terima.

7. Realistis

Kamu tidak mengejar hayalan. Kamu tahu kelebihan dan kekuranganmu. Kamu bersedia memanfaatkan pengetahuan ini sebagai kompas untuk mengejar hal-hal yang kamu inginkan. Kamu juga realistis tentang arah dan ke mana kamu akan pergi.

Well, jika beberapa ciri kepribadian di atas ada di dalam diri kamu, mungkin saja kamu adalah salah satu orang yang mandiri. Tetap, jadilah orang yang berpikir positif ya, Sahabat Fimela!

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela