Cenderung Tertutup, Ini 6 Ciri Kepribadian Orang Suka Menyendiri

Gayuh Tri Pinjungwati18 Jan 2022, 18:16 WIB
Diperbarui 18 Jan 2022, 18:16 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa orang yang suka menikmati sosialisasi dengan banyak orang dan sebagian lainnya lebih suka menyendiri. Mereka yang menyediri, cenderung menikmati menghabiskan waktu sendirian sebanyak mungkin. Tentu saja, setidaknya kita memiliki satu teman yang mungkin memiliki kepribadian ini.  

Sebagai seorang penyendiri, mereka juga cenderung memiliki standar pertemanan yang lebih tinggi. Meski demikian, mereka memiliki ciri-ciri kepribadian khusus lho. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menghargai Waktu

Jika ada sesuatu yang sangat penting bagi seorang penyendiri, inilah saatnya. Mereka menghargai waktu lebih dari apapun. Mereka sangat menyadari bahwa waktu adalah aset paling berharga untuk kehidupan yang sukses. Mereka akan melakukan segala daya untuk tidak terlambat, tidak pernah menyia-nyiakan waktu orang lain, dan tidak akan pernah membiarkan seseorang menyia-nyiakan waktunya.

2. Sadar Diri

Banyak orang memilih untuk mengabaikan pikiran dan emosi mereka. Orang yang suka menyendiri memilih untuk menerima perasaan ini dan menjadi sadar sepenuhnya. Kesadaran diri sangat penting dan sulit dicapai. Sebagai penyendiri, mereka mengenal diri sendiri lebih baik daripada orang lain, dan ini memungkinkan mereka untuk lebih memahami orang-orang di sekitarnya.

3. Berkepala Dingin

single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Kanyanat Kasemsook

Penyendiri sangat berkemauan keras ketika situasi sulit muncul. Sebagai hasil dari refleksi mereka yang sering dan waktu sendirian, mereka memiliki fokus dan memiliki kemauan yang luar biasa. Ini bukan untuk mengatakan bahwa mereka tidak kewalahan oleh stres, tetapi alih-alih terjebak dengan gangguan, mereka memutuskan untuk menghabiskan waktu sendirian dan mengisi ulang energi. Selama waktu ini, mereka memikirkan solusi untuk masalah dan cara untuk mengatasinya.

4. Berpikiran Terbuka

Meski mereka suka menyendiri, hal ini tidak membuat mereka kaku dan tertutup. Sebaliknya, mereka sangat berpikiran terbuka dan selalu siap dengan ide dan aktivitas baru. Mereka tidak berencana untuk menghabiskan seluruh hidup di kamar tidur dan mereka juga ingin menikmati menjelajahi dan melakukan petualangan baru.

5. Memiliki Batasan yang Sehat

single
ilustrasi/copyrightshutterstock/Twinsterphoto

Orang yang suka menyendiri selalu memiliki batasan yang sehat. Mereka memahami diri sendiri dengan sempurna. Mereka memiliki nilai-nilai yang kuat, tidak pernah merasa sendirian, tahu bahwa mereka selalu memiliki diri sendiri dan menghormati batasan. Lagi pula, jika mereka  tidak bisa setia pada diri sendiri, mereka tidak bisa setia kepada siapa pun.

6. Sadar akan Kelemahan dan Kekuatan

Mereka lebih dari menyadari apa kekuatan dan kelemahan mereka. Namun, mereka tahu bahwa selalu ada ruang untuk meningkatkan tidak peduli seberapa baik mereka pikir akan mereka lakukan. Meskipun mereka menyadari ketidaksempurnaan ini, mereka masih mengangkat kepala untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa tidak apa-apa untuk percaya diri pada diri sendiri.

Well, tidak selamanya orang yang pendiam itu tidak menarik ya, Sahabat Fimela. Justru dalam diamnya, mereka berpikir tentang hal-hal positif yang dapat mereka lakukan baik untuk diri sendiri atau orang lain.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela