Cara Membuat NFT untuk Bisa Transaksi Jual Beli di OpenSea

Novi Nadya21 Jan 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 21 Jan 2022, 21:00 WIB
zodiak perempuan bekerja

Fimela.com, Jakarta NFT atau Non Fungible Token sedang menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan. Banyak orang tertarik untuk mengetahui bagaimana proses transaksi jual beli seperti di pasar digital OpenSea.

Sebelum bisa melakukan transaksi jual beli NFT di OpenSea, hanya dapat dilakukan oleh pengguna terdaftar dengan wallet yang terkonfigurasi. Jadi, sebelum memulai proses jual-beli, kita terlebih dahulu harus membuat akun NFT dengan membuka situs OpenSea.

Setelah berhasil membuat akun NFT, barulah membuat NFT yang bisa diperjualbelikan. Melansir Liputan6.com, berikut tahapannya;

Pertama memilih item atau aset digital berupa karya seni yang akan diperjualbelikan. Contohnya lukisan, musik, video, foto, atau teks. Kedua adalah mendapatkan mata uang kripto 'Ether' atau ETH yang membuat terjadinya proses jual beli di OpenSea.

Lalu langkah ketiga memilih pasar untuk menjual aset digital yang sudah disiapkan, yaitu OpenSea dan hubungkan dengan dompet digital. Terakhir pastikan dompet ETH sudah terhubung ke OpenSea untuk membuat NFT.

Caranya, klik 'buat' di menu dan buat koleksi dan isi semua informasi lalu simpan. Klik item baru atau aset digital yang disiapkan dan beri keterangan dari karya yang dijual.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Masuk ke situs OpenSea.io lalu log in ke akun yang sudah dibuat. Klik pada foto profil di bagian kanan atas dilanjutkan dengan klik pada 'Profile'.

Kemudian Pilih NFT atau aset digital yang ingin dijual dari wallet. Disusul dengan Pilih 'Sell' untuk berpindah ke halaman penjualan.

Selanjutnya pilih jenis dan harga jual, dengan menetapkan harga tetap atau lelang. Jika lelang, masukkan harga awal, waktu kedaluwarsa, dan batas ambang harga.

Untuk diketahui, durasi penjualan bisa berlangsung selama satu hari, tiga hari, atau seminggu. Saat pengaturan penjualan selesai, klik 'Complete Listing'.

Untuk penjualan pertama, verifikasi wallet dengan cara menyelesaikan dua buah transaksi. Pertama adalah untuk menginisialisasi akun untuk penjualan, kedua adalah memberikan akses item ke OpenSea saat penjualan berlangsung.

Setelah membayar fee, konfirmasi rincian penjualan dan post NFT yang ingin dijual di OpenSea. Terakhir memasukkan aset digital NFT ke daftar jual, kolom 'Activity' di sebelah kiri bisa digunakan untuk melihat daftar aset digital yang sedang dijual.

#WomenForWomen 

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela