Wajah Sempat Berjerawat Parah, Ini Caraku Atasi Rasa Insecure

Endah Wijayanti23 Jan 2022, 09:15 WIB
Diperbarui 23 Jan 2022, 09:15 WIB
Jerawat/mlg

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti pernah merasakan perasaan tak nyaman seperti rendah diri, sedih, kecewa, gelisah, dan tidak tenang dalam hidup. Kehilangan rasa percaya diri hingga kehilangan harapan hidup memang sangat menyakitkan. Meskipun begitu, selalu ada cara untuk kembali kuat menjalani hidup dan lebih menyayangi diri sendiri dengan utuh. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Bye Insecurities Berbagi Cerita untuk Lebih Mencintai dan Menerima Diri Sendiri ini.

***

Oleh: Desy Arisanti

Tahun 2020 jadi tahun terberat buat aku karena tiba-tiba wajah muncul jerawat yang meradang sekali dan bikin breakout. Padahal dari zaman masih sekolah SMK sampai sudah mulai kerja wajah baik-baik saja dan hampir tidak pernah jerawatan.

Entah karena rasa penasaranku mencoba aneka produk skincare tanpa tahu kondisi sebenarnya kulit wajah aku. Pengennya biar kinclong seperti iklan di media sosial, eh malah jerawat meradang yang aku dapat.

Hampir tiap hari mau nangis rasanya, dan tidak pernah percaya diri tiap kali foto. Apalagi tahun 2020 adalah tahun kemana-mana harus pakai masker. Jadilah jerawatku kali itu makin meradang tidak karuan. Jadi makin insecure tiap ketemu orang lain.

Lebih Memperhatikan Kondisi Kulit

Jerawat/mlg
Ilustrasi./copyright shutterstock

Akhirnya di akhir tahun 2021 aku mulai stop semua skincare dan mulai cari tahu kondisi sebenarnya kulit wajahku. Dan mulai beralih pakai skincare yang free alcohol dan yang lebih gentle di kulit.

Alhamdulillah mulai berangsur membaik meskipun terkadang jerawat masih sering timbul tenggelam karena hormon saat periode haid datang. Tapi setidaknya sudah mulai membaik daripada di tahun 2020 saat itu.

Sekarang jadi mulai percaya diri lagi saat foto maupun saat lepas masker. Dan jadi tidak insecure lagi deh. #ByeInsecurities

Intinya kita harus tahu kebutuhan kulit kita sendiri dan jangan pernah terpengaruh omongan orang lain. Karena yang cocok di orang lain belum tentu cocok buat kita. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela