Tiap Perempuan Itu Istimewa, 5 Cara Lebih Nyaman Menjadi Diri Sendiri

Endah Wijayanti20 Jan 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 13:15 WIB
perempuan dan rasa nyaman

Fimela.com, Jakarta Sebagian di antara kita bisa lebih mudah membuat orang lain nyaman dibandingkan membuat diri sendiri nyaman. Mudah bagi kita untuk mengatakan hal-hal positif kepada orang lain, tetapi masih cukup kesulitan menyampaikan hal-hal positif kepada diri sendiri. Sampai-sampai kadang kita lupa untuk menjadi lebih nyaman dengan diri sendiri.

Tiap perempuan terlahir istimewa. Masing-masing dari kita punya kelebihan dan kekurangan. Hanya saja kadang kita masih merasa tidak pernah sempurna. Masih merasa serba kekurangan dan punya banyak kelemahan. Padahal penting untuk bisa nyaman dengan diri sendiri agar bisa menjalani hidup dengan lebih baik lagi.

1. Yakini bahwa Dirimu Pantas Dicintai

Cintai diri sendiri lebih dulu. Mengutip buku How to Respect Myself, "tahu bahwa diri pantas dicintai" adalah konstruksi dasar agar cinta dapat terus berjalan. Cinta tidak akan stabil jika konstruksi ini patah. Sadari dan yakini bahwa kita pantas dicintai. Saat sudah meyakini hal ini, kita bisa memiliki keteguhan hati yang lebih kuat. Sehingga tidak menggantungkan diri selamanya kepada orang lain untuk merasakan cinta. 

2. Sadari bahwa Tiap Orang Punya Stresor yang Berbeda

mudah lupa
ilustrasi/Photo by Engin Akyurt from Pexels

Tak perlu merasa rendah diri saat kamu gampang stres terhadap sesuatu yang tampak sepele di mata orang lain. Mengutip buku Loving the Wounded Soul, setiap orang memiliki toleransi stres yang berbeda. Apa yang membuat kita stres bisa jadi adalah hal biasa bagi orang lain, begitu pula sebaliknya. Adakalanya kita tak bisa menghindari situasi yang membuat kita gampang stres, dan tak perlu terlalu mencemaskannya. Sebab tanpa kehadiran stres, kita tidak akan bisa menjadi manusia dewasa yang mampu berpikir, merasakan sesuatu, dan bijaksana.

3. Kerahkan Upaya Terbaik

glass ceiling
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Saat kita bisa mencapai sesuatu atau mewujudkan sesuatu, harga diri kita akan ikut meningkat. Maka, daripada terus menerus merasa sedih dan galau, mending kerahkan upaya terbaik untuk melakukan sesuatu yang disukai atau dikuasai. Mengutip buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang, cinta, pekerjaan, dan perkawinan bukan proses alami dalam hidup, melainkan impian yang harus diwujudkan dengan usaha keras. Memang tak semua hal bisa berjalan sesuai dengan rencana dan keinginan, tapi saat kita bisa mengerahkan upaya terbaik dalam setiap hal yang kita lakukan, kita tak akan merasa bersalah atau merasa telah menyia-nyiakan hidup yang berharga.

4. Menghadiahi Diri Sendiri

memeluk diri sendiri self love
ilustrasi/photo created by wayhomestudio - www.freepik.com

Saat kita mencintai seseorang, kita ingin memberikan hadiah terbaik untuknya. Kali ini, alih-alih memberi hadiah untuk orang lain, cobalah untuk menghadiahi diri sendiri. Menghadiahi diri sendiri sebagai bentuk cintamu terhadap diri sendiri. Cari dan buat hadiah untuk diri sendiri bisa menghadirkan perasaan bangga dan bahagia yang istimewa.

5. Tampil Sesuai dengan Keinginan

mencintai diri sendiri
ilustrasi/Photo by Leah Kelley from Pexels

Kenakan pakaian yang membuatmu merasa paling nyaman. Rawat diri sebaik mungkin. Tampillah sesuai dengan keinginan. Pedulikan dirimu dengan cara terbaik yang bisa kamu lakukan. Hadirkan kebiasaan-kebiasaan yang bisa bantu menjaga kondisi tubuhmu tetap sehat. Maka, kamu akan merasa lebih nyaman menjadi diri sendiri.

Yuk, kita hadirkan cinta yang lebih banyak lagi untuk diri sendiri. Belum terlambat untuk kembali menyayangi dan mencintai diri lagi dengan lebih utuh lagi.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela