4 Penyebab Doa Tidak Terkabul yang Sering Diabaikan

Kezia Prasetya Christvidya21 Jan 2022, 08:23 WIB
Diperbarui 21 Jan 2022, 08:23 WIB
Sholat

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti memiliki harapan yang selalu dipajatkan dalam doa. Saat berdoa, kita akan berharap apa yang dipanjatkan akan segera dikabulkan. Namun terkadang kita tidak sabar untuk menunggu jawaban dari doa tersebut.

Sebenarnya Allah SWT akan selalu mengabulkan doa umatnya, dan memberikan petunjuk serta kemudahan untuk jawaban doa itu, seperti sabda dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:

”Doa adalah ibadah.” (HR. Tirmidzi no. 2969. Dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani)

Sehingga doa adalah sebuah kewajiban yang harus kita lakukan, untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Mungkin beberapa doa yang kita panjatkan ada yang belum dikabulkan oleh-Nya. Hal ini bisa disebabkan karena ada faktor penghambat yang mengakibatkan doa itu tidak terkabulkan. Berikut penyebab doa tidak terkabul yang dilansir dari Brilio.net:

Penyebab Doa Tidak Terkabul

Penyebab Doa Tidak Terkabul
Ilustrasi Penyebab Doa Tidak Terkabul Credit: shutterstock.com

1. Ada Banyak Dosa yang Masih Terselip

Penyebab doa tidak terkabul yang pertama, yaitu karena adanya banyak dosa yang masih terselip. Selain itu, jika masih melakukan perbuatan-perbuatan maksiat dan dosa, maka doa tidak akan dikabulkan oleh Allah SWT. Untuk itu, lebih baik introspeksi diri sendiri terlebih dahulu, kemudian melakukan pertobatan, lalu menyucikan diri agar doa-doa yang dipanjatkan segera dikabulkan.

2. Tidak Mengangkat Kedua Tangan Saat Berdoa

Terkesan sepele, tetapi tidak mengangkat kedua tangan saat berdoa bisa menyebabkan doa tidak terkabul. Sebab Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya Allah itu Maha Pemalu dan Pemurah, Dia malu terhadap hamba Nya apabila mengangkat tangan berdoa lalu mengembalikan dengan tangan hampa.” (HR. Abu Dawud 1488,)

Aisyah radhiyallahu ‘anha juga bersabda:

“Sesungguhnya beliau melihat Rasulullah berdoa sambil mengangkat tangan dan berkata: “Ya Allah, sesungguhnya saya hanyalah seorang manusia” (Adab Mufrad 613, berkata Al Hafidl: “Sanadnya shahih.”)

Penyebab Doa Tidak Terkabul

Penyebab Doa Tidak Terkabul
Ilustrasi Penyebab Doa Tidak Terkabul Credit: pexels.com/pixabay

3. Tidak Menyebut Nama-Nama Allah Saat Berdoa

Penyebab doa tidak terkabul yang sering diabaikan adalah tidak menyebut nama-nama Allah saat berdoa. Allah SWT memiliki 99 nama yang dikenal dengan Asmaul Husna. Agar doa kita mudah dikabulkan, sebaiknya sebut nama-nama Allah saat berdoa, seperti “Ya Allah Ya Rahman” atau “Ya Allah Ya Rahim”.

Rasulullah juga bersabda: Tahukah kamu sekalian orang itu berdoa dengan apa? Dia menyebut nama Allah yang Agung dalam doanya. Yang apabila nama-Nya disebut, Allah pasti mengabulkan doanya, dan apabila mohon sesuatu dengannya pasti diberi (HR Imam Abu Dawud)

Firman Allah dalam surah Al Araf 180 bersabda : "Allah SWT, mempunyai asmaul Husna, maka memohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu."

4. Menggunakan Barang dan Mengonsumsi Makanan Haram

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata: "Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam besabda: “Sesungguhnya Allah itu baik dan tidak menerima kecuali yang baik. Sesungguhnya Allah Ta’ala memerintahkan kepada kaum mukminin seperti yang Dia perintahkan kepada para rasul. Maka, Allah Ta’ala berfirman, ’Wahai para rasul! Makanlah dari (makanan) yang baik-baik, dan kerjakanlah kebajikan’" –Qs al-Mu’minûn/23 ayat 51-

Dan Allah Ta’ala berfirman, "Wahai orang-orang yang beriman, makanlah dari rizki yang baik yang Kami berikan kepada kamu" –Qs al-Baqarah/2 ayat 172-

Kemudian Rasulullah menyebutkan orang yang lama bepergian; "rambutnya kusut, berdebu, dan menengadahkan kedua tangannya ke langit, ‘Wahai Rabb-ku, wahai Rabb-ku,’ sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan diberi kecukupan dengan yang haram, bagaimana doanya akan dikabulkan?” Hadits ini shahîh, diriwayatkan oleh: Muslim, No. 1015.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela