5 Cara Atasi Rasa Insecure saat Mulai Membiasakan Hidup Mandiri

Endah Wijayanti21 Jan 2022, 10:45 WIB
Diperbarui 21 Jan 2022, 10:45 WIB
perempuan dan tinggal sendirian

Fimela.com, Jakarta Makin bertambah usia, kita makin menyadari pentingnya menjadi perempuan mandiri. Tak bisa selamanya kita membebani orangtua atau merepotkan orang lain. Maka dari itu, seiring waktu berjalan kita perlu perlahan membiasakan diri hidup mandiri.

Cuma masalahnya kadang kita akan dilingkupi perasaan insecure saat baru mau memulai hidup mandiri. Ada rasa takut, rendah diri, hingga cemas berlebihan saat mulai ingin berdiri di atas kaki sendiri. Bahkan, kita akan merasa tidak tenang karena takut akan makin kesulitan saat mencoba hidup mandiri. Namun, selalu ada cara yang bisa kita ambil untuk bisa mengatasi rasa insecure saat mulai membiasakan hidup mandiri.

1. Miliki Penghasilan Sendiri

Kalau sudah punya pekerjaan atau penghasilan sendiri, setidaknya kita bisa lebih tenang saat harus mencukupi sejumlah kebutuhan primer. Selain itu, kita takkan membebani orang lain untuk memenuhi kebutuhan dasar kita. Punya penghasilan sendiri juga bisa membantu kita mengatasi rasa insecure berlebihan soal finansial.

2. Syukuri Semua Hal yang Ada

surat ayah dan tanpa hadirmu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/shisukaa

Makin banyak bersyukur, makin mudah kita terbebas dari rasa insecure. Membiasakan diri hidup mandiri akan membuat kita dihadapkan pada banyak hal baru. Misalnya, kita harus tinggal jauh dari orangtua karena bekerja di kota yang berbeda. Awalnya mungkin berat melakukan banyak hal sendirian, tapi ketika kita masih bisa bertahan hingga saat ini maka itu sudah lebih dari cukup. Bersyukurlah bisa melangkah hingga sejauh ini, sebab itu bukti bahwa kita punya keteguhan hati yang luar biasa.

3. Tetap Terhubung dengan Orang-Orang Terdekat

perempuan ponsel ldr
Ilustrasi/Shutterstock.com/Tirachard Kumtanom

Hidup mandiri bukan berarti menjauhkan diri dari semua orang atau sok bisa melakukan segala sesuatunya seorang diri. Membiasakan hidup mandiri tetap perlu diimbangi dengan tetap terhubung dengan orang-orang terdekat. Teman, sahabat, pasangan, atau keluarga tetap perlu berada dekat di hati. Bahkan keberadaan mereka bisa jadi semangat atau motivasi kita untuk menjalani hidup dengan lebih baik lagi.

4. Ciptakan Kebahagiaan untuk Diri Sendiri

kisah my forgiveness matters 6
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Bukan berarti kita egois. Justru dengan menciptakan kebahagiaan untuk diri sendiri, kita bisa lebih mandiri dan tidak selalu bergantung pada orang lain untuk membuat kita bahagia. Kita makin menyadari bahwa kebahagiaan adalah tanggung jawab kita. Maka dari itu, agar tidak mudah insecure kita perlu berani menciptakan kebahagiaan untuk diri kita sendiri.

5. Coba Hal-Hal Baru

kisah my forgiveness matters 5
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Mencoba hal baru atau mendapatkan pengalaman baru akan memperkaya diri kita. Dari setiap hal baru yang dicoba, kita bisa lebih kuat dan berani dalam menjalani hidup. Setiap tantangan baru yang berhasil ditaklukkan pun akan membuat kita jadi pribadi yang lebih kuat lagi.

Bagi yang saat ini mulai membiasakan hidup mandiri, tetap semangat ya. Menjadi perempuan mandiri akan memudahkan kita melalui banyak hal dalam hidup ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela