5 Cara Tenangkan Diri saat Hidup Terasa Lebih Berat

Endah Wijayanti21 Jan 2022, 11:30 WIB
Diperbarui 21 Jan 2022, 11:30 WIB
cinta ibu mertua

Fimela.com, Jakarta Pada titik tertentu atau momen tertentu dalam hidup, kita akan dihadapkan pada kondisi hidup yang terasa lebih berat dari biasanya. Saat berbagai masalah datang silih berganti, dan berbagai konflik bertumpuk jadi satu, rasanya hidup makin tidak karuan. Ada rasa sedih, insecurehingga bingung harus bagaimana.

Saat hidup terasa lebih berat dari biasanya, penting bagi kita untuk menenangkan diri. Hadirkan kembali ketenangan agar perasaan bisa lebih ringan dan hati kembali kuat. Tentu akan butuh waktu dan proses, tapi ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk kembali menghadirkan kedamaian di dalam diri.

1. Amati Perasaan tanpa Mengubahnya

Mengutip buku The Things You Can See Only when You Slow Down, ketika merasa sedih kita bisa coba untuk mengamati perasaan tanpa berusaha mengubahnya. Sebab perasaan bisa berubah dengan sendirinya. Dijelaskan bahwa perasaan seringkali muncul dari faktor-faktor di luar kendali kita. Sama halnya dengan ketidakmampuan kita mengendalikan cuaca, kita pun tak bisa mengendalikan perasaan di dalam diri. Kalau merasa sedih karena hidup terasa lebih berat dari biasanya, terima kesedihan itu dan biarkan mengalir dalam diri. 

 

2. Keluarkan Hal-Hal yang Mengganjal

perempuan kesepian bersedih
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRPicturesProduction

Kalau ingin menangis, menangis saja. Mau marah, boleh marah secukupnya. Ingin melampiaskan kekesalan, lakukan saja selama tidak merugikan diri sendiri atau orang lain. Luapkan dan lepaskan hal-hal yang mengganjal dari dalam diri. Hidup kadang memang penuh dengan kejutan. Tak selalu hal-hal yang menyenangkan, ada juga hal-hal yang tak menyenangkan. Izinkan diri kita untuk lebih jujur dengan apa yang kita rasakan.

3. Hindari Membuat Perbandingan Baru

merenung sedih serius bingung
ilustrasi/Anuchit kamsongmueang/Shutterstock

Tiap orang punya masalahnya sendiri-sendiri. Masing-masing dari kita punya perjuangan dan perjalanan hidup sendiri. Saat hidupmu terasa lebih berat bukan berarti kamu lebih sial dari orang lain. Hindari membuat perbandingan baru soal standar kehidupan dan kebahagiaan tiap individu. Sebab fokusmu saat ini adalah dirimu sendiri.

4. Perbaiki Pola Makan dan Tidur

Tips Diet
Ilustrasi/copyright shutterstock

Mengutip buku Loving the Wounded Soul, manajemen stres juga menjadi ujung tombak bagi kesehatan fisik dan jiwa. Biasanya saat kita merasa hidup kita lebih berat, kita akan makin rentan mengalami stres. Kalau sudah stres, tubuh akan mengalami sejumlah gangguan seperti gangguan asam lambung dan konstipasi. Perbaiki pola makan dan tidur yang seimbang dan cukup. Tidur yang teratur dan rutin akan membantu tubuh beristirahat dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Daripada tenggelam dalam rasa insecure, mending fokus untuk memperbaiki pola makan dan tidur jadi lebih baik lagi.

5. Yakini Semua yang Terjadi Padamu Ini yang Terbaik

surat ayah dan mirip berdebat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Mrsiraphol

Semua ujian hidup, cobaan, dan masalah yang kamu hadapi ini adalah yang terbaik untukmu. Bisa jadi problema yang sedang kamu hadapi saat ini nantinya akan membantumu "naik kelas" menjadi pribadi yang lebih kuat lagi. Tetap usahakan yang terbaik. Upayakan semua hal yang bisa dilakukan. Untuk urusan hasil dan bagaimana nanti, iringi dengan hati yang ikhlas.

Semoga apa pun masalah yang sedang kamu hadapi saat ini bisa segera teratasi dengan baik, ya. Terima kasih juga kamu sudah bertahan hingga sampai ke titik ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1