7 Hal yang Menandakan Jika Kamu Seorang Pemikir Mendalam

Baiq Nurul Nahdiat21 Jan 2022, 16:05 WIB
Diperbarui 21 Jan 2022, 16:05 WIB
Tanda seorang pemikir mendalam

Fimela.com, Jakarta Orang yang berpikir mendalam berbeda dengan orang yang berpikir berlebihan atau overthinker. Orang yang overthinking cenderung memikirkan masalah bukan solusinya. Sementara orang yang berpikir mendalam selalu memikirkan solusi dari suatu masalah hingga ke akar-akarnya, bahkan jika itu bukan masalah pribadinya. Apapun yang menurutnya menarik akan dicari tahu hingga rasa penasarannya terpuaskan, itulah orang yang suka berpikir mendalam.

Untuk mengatahui apakah kamu seorang pemikir mendalam atau tidak, lihat tandanya di sini!

1. Lebih banyak mendengarkan

Salah satu ciri orang yang berpikir mendalam adalah lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Mereka tahu kapan harus berbicara dan kapan harus diam. Dan mereka lebih banyak diam karena menggunakan lebih banyak waktunya untuk berpikir.

2. Berpikir sebelum berbicara

Bukannya kamu takut membuat orang tersinggung dengan perkataanmu, tetapi kamu tahu apa yang penting dan tidak untuk dikatakan pada orang lain. Kamu tidak sembarangan mengatakan semua hal pada orang lain, sebab kamu tak mau terbuang waktumu untul hal yang tak berguna.

3. Lebih suka menyendiri

Orang suka berpikir lebih banyak menggunakan waktunya untuk menyendiri karena mereka butuh ketenangan. Waktu menyendiri tersebut kamu habiskan untuk memikirkan banyak hal seperti kaidah sebab akibat, kejadian dalam hidup atau masalah sehari-hari.

4. Melihat segala hal dari berbagai perspektif

Tanda seorang pemikir mendalam
Tanda seorang pemikir mendalam. (ilustrasi/copyright Krakenimages.com/Shutterstock)

Seorang pemikir yang mendalam cenderung melakukan banyak pengamatan ketika orang lain berbicara. Pengamatan situasi sosial tentang bagaimana orang bereaksi dan merasakan adalah fitur kuat dari kepribadian pemikir yang mendalam. Mereka belajar dengan cepat dan tahu bagaimana menyesuaikan diri saat berkominikasi dengan orang lain.

5. Mudah berempati

Sebagai pendengar yang baik dan sabar, seorang pemikir yang mendalam adalah seseorang yang akan menawarkan kenyamanan dan dukungan besar ketika orang lain sedang jatuh atau banyak masalah. Mereka berempati dan menerima orang lain, dan memiliki nasihat yang realistis untuk memecahkan masalah.

6. Mudah lupa

Tanda seorang pemikir mendalam
Tanda seorang pemikir mendalam. (ilustrasi/copyright by Twinsterphoto/Shutterstock)

Seorang pemikir yang mendalam berpikir begitu banyak sehingga mereka mudah lupa dengan hal di sekitarnya. Pemikir yang mendalam lebih suka merenungkan masalah yang lebih mendesak dan mencari jelan keluarnya. Jadi, kalau mereka lupa tentang hari ulang tahunmu, itu hal yang wajar.

7. Memerhatikan hal yang tak dipikirkan orang lain

Salah satu hal unik tentang pemikir yang mendalam adalah mereka menghabiskan begitu banyak waktu untuk berpikir. Bahkan, mereka memerhatikan sesuatu yang tak dipikrkan kebanyakan orang lain. Namun, ini membuat mereka lebih peka dan waspada dengan situasi di sekitarnya.

Jika tanda-tanda tersebut ada dalam dirimu, itu tandanya kamu benar-benar seorang pemikir mendalam.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela