Tak Harus Mengikuti Standar Orang Lain untuk Bahagia Seutuhnya

Endah Wijayanti24 Jan 2022, 07:15 WIB
Diperbarui 24 Jan 2022, 07:15 WIB
gelar sarjana

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti pernah merasakan perasaan tak nyaman seperti rendah diri, sedih, kecewa, gelisah, dan tidak tenang dalam hidup. Kehilangan rasa percaya diri hingga kehilangan harapan hidup memang sangat menyakitkan. Meskipun begitu, selalu ada cara untuk kembali kuat menjalani hidup dan lebih menyayangi diri sendiri dengan utuh. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Bye Insecurities Berbagi Cerita untuk Lebih Mencintai dan Menerima Diri Sendiri ini.

***

Oleh: Lidya Putri Damayanti

Dear My Self,

Terima kasih untuk tetap bernapas hingga hari ini. Tetap kuat saat beban dan masalah menghantam. Tetap sehat secara fisik dan mental di tengah situasi pandemi ini.

Sebagai perempuan yang terbiasa mengejar karier di luar rumah dalam satu tahun belakangan ini terasa banget naik turunnya kehidupan. Setelah resign dari pekerjaan aku merasakan rasanya full di  rumah jadi ibu rumah tangga, hamil, melahirkan, merasakan pedihnya jahitan operasi, rasanya jadi ibu buat seorang anak bayi, yang ternyata itu semua itu tidak mudah.

 

Pola Hidup yang Baru

insecurities dan Lidya Putri Damayanti
Dear Myself./Copyright Lidya Putri Damayanti

Banyak perubahan yang aku rasakan dari pola hidup, pola makan, pola tidur, sampai perubahan bentuk tubuh. Belum lagi diremehkan untuk pola asuh anak yang banyak dikomentari ini itu yang makin meningkatkan rasa insecure dan hampir Depresi.

Tapi seiring berjalannya waktu, aku mulai terbiasa dengan pola kehidupanku yang baru, mengabaikan omongan orang lain mengenai hal-hal yang membuat aku down, menjauhkan diri dari mereka yang toxic, berusaha menjadi diriku yang lebih baik lagi, dan jadi rajin berolahraga supaya tetap sehat.

Membangun rasa percaya diri memang tidak mudah, dengan menerima keadaan diri sendiri dan berusaha menjadi diri yang lebih baik versi diri sendiri menjadi solusi agar aku dapat terbebas dari "insecurities" karena setiap orang mempunyai ciri khas masing-masing, tidak semua orang harus hidup dengan standar yang sama sesuai dengan "kata-kata orang lain".

 

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela