Dalam Hati yang Penuh Syukur, Ada Kebahagiaan yang Sangat Dekat

Endah Wijayanti24 Jan 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 24 Jan 2022, 08:15 WIB
bekerja di rumah

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti pernah merasakan perasaan tak nyaman seperti rendah diri, sedih, kecewa, gelisah, dan tidak tenang dalam hidup. Kehilangan rasa percaya diri hingga kehilangan harapan hidup memang sangat menyakitkan. Meskipun begitu, selalu ada cara untuk kembali kuat menjalani hidup dan lebih menyayangi diri sendiri dengan utuh. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Bye Insecurities Berbagi Cerita untuk Lebih Mencintai dan Menerima Diri Sendiri ini.

***

Oleh:  Nocky Arista

Semua orang tentu menginginkan segala sesuatu berjalan sempurna sesuai rencana, tak terkecuali saya. Terlalu banyak berpikir hingga kadang menenggelamkan diri dalam berbagai bayang-bayang yang diciptakan oleh pikiran sendiri. 

Pada waktu-waktu tertentu terkadang saya tergoda untuk melihat ke belakang, bernostalgia. Celah ini membuat rasa insecure muncul, apalagi ketika terjadi hal yang tidak sesuai dengan harapan terlebih dalam kehidupan pribadi.

Insecurities inilah kadang mendorong perasaan dan pikiran untuk memanggil emosi negatif yang pernah saya rasakan, kesedihan dan kekecewaan.

Banyak orang bilang "Writing for Healing", ternyata menulis jurnal memiliki dampak yang tak terduga. Hal apa pun yang saya pikirkan dan rasakan saya ekspresikan agar dapat menyeimbangkan stabilitas secara mental.

Di sinilah menulis jurnal dapat berperan, meski tak jarang harus membuka beberapa kenangan lama yang telah dikubur dalam-dalam. Rasa sakit yang dirasakan karena rasa insecure dengan luka dari masa lalu.

But enjoy it. Jalani semua proses tersebut hingga akhirnya sampai pada fase menerima, memaafkan dan melanjutkan hidup.

 

Bahagia Itu Dekat

penulis lepas dari rumah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/aneoho

Dear Myself,

Maaf karena tak jarang memilih jalan pintas untuk tidak mau repot membela diri dan melewatkan kesempatan menjelaskan keadaan kepada orang lain sehingga terkadang sebagian dari mereka salah memahamimu.

Terima kasih untuk selalu sabar serta bertahan dalam berbagai kondisi.

Teruslah semangat untuk melanjutkan hidup dan jangan lupa bahagia.

Merasa insecure bukanlah masalah yang tidak memiliki solusi sama sekali. Ada banyak cara untuk mengatasinya. 

Pandanglah segala sesuatu dari segi yang lebih positif dan non-toxic. Karena bahagia itu dekat, ada dalam hati yang penuh dengan rasa syukur.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela