9 Penyebab Perang Dunia 2 yang Perlu Diketahui

Kezia Prasetya Christvidya24 Jan 2022, 11:21 WIB
Diperbarui 24 Jan 2022, 12:55 WIB
perang

Fimela.com, Jakarta Perang dunia 2 adalah sebuah tragedi perang yang terjadi pada tahun 1939 hingga 1945. Perang dunia 2 melibatkan lebih dari 30 negara, yang terjadi karena adanya perang antara Kekuatan Poros (Jerman Nazi, Italia, dan Jepang) dan Sekutu (Prancis, Inggris Raya, Uni Soviet, dan Amerika Serikat).

 

Dengan adanya perang dunia 2 ini termasuk sejarah dunia, yang disebabkan karena adanya faktor umum dan faktor khusus. Perang dunia 2 menyebabkan banyak kekacauan dan kerusakan di puluhan negara yang ikut berperang, maupun negara tetangga yang terkena dampaknya.

Perang dunia tercatat sebagai perang global yang menyebabkan 40 hingga 70 juta orang meninggal dunia, terutama warga sipil. Berikut penyebab perang dunia 2 yang perlu diketahui, dilansir dari Liputan6.com:

Penyebab Perang Dunia 2 Secara Umum

perang
ilustrasi penyebab perang dunia 2/Jakob Owens/unsplash

1. Perjanjian Versailles

Penyebab perang dunia 2 secara umum adalah karena adanya perjanjian Versailles. Sebelumnya, John Maynard Keynes memberikan peringatan kalau perjanjian ini bisa menyebabkan Jerman rugi. Sebab setelah usia perang dunia 1, Sekutu menang dan memaksa negara Jerman menandatangani perjanjian Versailles. Sehingga Jerman kehilangan banyak wilayah dan dilarang memiliki militer yang besar. Selain itu, Jerman harus menerima kekalahan dan membayar kerugian akibat perang dunia 1.

2. Kegagalan Liga Bangsa-bangsa (LBB) Menciptakan Perdamaian Dunia

Untuk menciptakan perdamaian dunia, maka dibentuklah Liga Bangsa-Bangsa (LBB) pada tahun 1919. LBB berniat menyelesaikan perselisihan antar negara dengan negosiasi. Tetapi organisasi ini gagal dan tidak semua negara tergabung dalam LBB. Karena gagal menciptakan perdamaian dunia, maka terjadilah perang dunia 2.

3. Fasisme

Fasisme adalah pandangan tentang politik kekuasaan absolut tanpa demokrasi. Pandangan fasisme ini menyebabkan sebuah negara memanang negara lain lebih rendah. Jerman merasa sangat frustasi karena kekalahannya di perang dunia 1 dan adanya perjanjian Versailles. Sehingga Adolf Hitler membujuk warga Jerman dan mengambil kendali atas partai Nazi di tahun 1933 dan 1934. Hitler tidak memperdulikan perjanjian tersebut, kemudian memperluas pasukan Jerman dengan ancaman perang. Pemerintahan Jerman pun menjadi kediktatoran.

Penyebab Perang Dunia 2 Secara Umum

perang
ilustrasi perang dunia 2/Maxim Potkin/unsplash

4. The Great Depression

Adanya the great depression atau Depresi berat yang dialami beberapa negara di tahun 1929 hingga 1939, seperti pengangguran massal di Jerman dan kemiskinan di Jepang, menyebabkan adanya perang dunia 2. Para masyarakat merasa diombang-ambingkan oleh pemerintah yang diktator. Kemudian Hitler memanfaatkan situasi ini, dengan memberikan janji kehidupan yang lebih baik kepada masyarakat. Hal ini menyebabkan masyarakat atau warga sipil membenci negara lain.

5. Munculnya aliansi

Penyebab perang dunia 2 secara umum yang terakhir, yaitu karena munculnya 2 aliansi dunia yaitu blok fasis dan blok sekutu. Blok fasis terdiri dari Jerman, Italia, dan Jepang (juga bersekutu dengan Rumania, Hongaria, Bulgaria, Slowakia, dan Kroasia). Sedangkan blok sekutu terdiri dari blok demokrasi dan komunis. Blok demokrasi berisi Prancis, Inggris, Amerika Serikat, dan Republik Tiongkok (juga bersekutu dengan Australia, Afrika Selatan, Brasil, Belanda, Belgia, Cekoslowakia, Etiopia, Filipina, India, Kanada, Kuba, Luksemburg, Meksiko, Norwegia, Polandia, Selandia Baru, Yugoslavia, dan Yunani). Dan blok komunis berisi Uni Soviet, dan Mongolia.

Penyebab Perang Dunia 2 Secara Khusus

perang
ilustrasi perang dunia 2/Specna Arms/unsplash

6. Invasi Jepang ke Manchuria (Cina)

Penyebab perang dunia 2 secara khusus adalah adanya invasi Jepang ke Manchuria (Cina). Invasi ini terjadi pada tahun 1931, karena Jepang menjebak insiden Mukden dengan alasan ingin merebut wilayah Cina. Awalnya Jepang melakukan pengeboman beberapa kota seperti Guangzhou, Nanjing, dan Shanghai.

7. Invasi Italia di Ethiopia

Di tahun 1935 dan 1939, ada invansi yang dikenal sebagai Abyssinia yaitu invasi Italia dan Ethiopia. Karena saat itu negara Italia sedang dilanda kelaparan dan kemiskinan, sehingga melakukan perang untuk mendapatkan perluasan tanah dan sumber daya alam.

8. Invasi Jerman ke Polandia

Pada tanggal 1 September 1939, Jerman melakukan invasi terhadap Polandia, dengan diikuti oleh Uni Soviet selang dari dua minggu. Kemudian perang dunia 2 dimulai, setelah Prancis dan Inggris juga menyatakan perang terhadap negara Jerman.

9. Serangan Pearl Harbor

Penyebab perang dunia 2 secara khusus yang terakhir adalah adanya serangan terhadap Pearl Harbor. Serangan ini dilakukan oleh Jepang dengan melakukan pengeboman koleksi kapal perang di Pearl Harbor. Pengeboman itu dilakukan atas dasar deklarasi perang oleh Jepang, kemudian Amerika menyatakan balasan perang, diikuti oleh Italia dan Jerman yang menyatakan perang terhadap Amerika Serikat.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela