7 Ciri Fake Friend alias Teman Palsu yang Harus Dijauhi

Baiq Nurul Nahdiat24 Jan 2022, 14:05 WIB
Diperbarui 24 Jan 2022, 14:24 WIB
Ciri teman palsu

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang dalam pertemanan itu tulus, suka atau tidak teman palsu itu nyata adanya. Terkadang ada yang berteman karena mau memanafaatkan saja bahkan ada yang berteman karena hanya ingin tahu informasi tentangmu agar mereka punya bahan gosip untik dibicarakan. Memang menyeramkan, tapi memang begitulah teman palsu.

Biar tidak menjadi korban pertemanan seperti itu, berikut ini beberapa ciri teman palsu yang bisa kamu rasakan secara langsung.

1. Menghubungimu saat ada perlu saja

Pertemanan yang sehat akan selalu ada untuk saling membantu jika salah satunya sedang ada masalah. Tetapi kalau temanmu hanya datang saat ada butuhnya saja, kamu perlu hati-hati. Ini menandakan kalau sebenarnya dia hanya memanfaatkanmu.

2. Tidak peduli jika sikap dan katanya menyakitimu

Kalau dia peduli dengan perasaanmu bahkan dengan sikap dan katanya yang sering mehyakitkan, itu tandanya dia tidak benar-benar menyanyangimu. Sebagai sahabat, seharusnya bisa saling menghargai perasaan satu sama lain.

3. Membicarakan kejelekanmu di belakang

Jika teman kamu sering membicarakanmu di belakang, apa lagi sudah berani mengumbar rahasia atau kejelekanmu. Kamu patut waspada, karena biasasanya teman seperti itu hanya terlihat baik di depan, tapi menusukmu dari belakang.

 

4. Suka memanfaatkanmu

Ciri teman palsu
Ciri teman palsu. (ilustrasi/Photo by Amina Filkins from Pexels)

Dia memanfaatkan sesuatu yang kamu punya dengan alasan teman baik. Mereka juga selalu ingin dituruti, jika kamu menolak permintaannya dia akan bersikap manipulatif dengan memojokkanmu sehingga kamu merasa bersalah.

5. Sikapnya berubah-ubah

Teman yang palsu juga bisa kamu lihat dari sikapnya padamu saat berdua dan saat bersama orang lain. Kalau saat berdua, mereka akan baik padamu. Tetapi kalau sedang bersama orang lain, kamu akan dicueki atau didiamkan seolah kamu bukan teman dekatnnya.

Jika melihat ciri tersebut pada temanmu, sebaiknya kamu berhat-hati karena dia bisa menjadi musuh dalam selimut dalam pertemananmu.

6. Tidak suka melihatmu bahagia

Ciri teman palsu
Ciri teman palsu. (Ilustrasi/copyrightshutterstock/Tirachard Kumtanom)

Dia sedih saat melihat kamu bahagia dan sebaliknya akan merasa senang saat kamu dalam masalah. Ini jenis teman yang harus kamu hindari karena mereka akan selalu merasa iri denganmu.

7. Tidak pernah mendukungmu

Hal baik apapun yang kamu lakukan pasti dia akan selalu mencari kejelekannya dan tak mendukungmu. Mereka selalu mengeluarkan komentar negatif sehingga kamu mudah kehilangan semangat dan pesimis.

Jika melihat ciri tersebut pada temanmu, sebaiknya kamu berhat-hati karena dia bisa menjadi musuh dalam selimut dalam pertemananmu.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela