10 Penyebab AC Bocor yang Sering Kamu Alami dan Cara Mengatasinya

Vania Al kautsar25 Jan 2022, 11:17 WIB
Diperbarui 25 Jan 2022, 12:32 WIB
AC - Vania

Fimela.com, Jakarta Cuaca yang sangat panas tentu membuat kita membutuhkan udara yang sejuk dan segar, agar meminimalisir udara. Memiliki AC di rumah tentu akan membuat kita merasa nyaman karena kita akan terhindar dari udara yang panas, sedangkan AC sendiri dapat kita atur sesuai suhu ruangan yang kita inginkan. 

Menggunakan AC tentu akan membuat ruangan menjadi sejuk dan lebih segar dari sebelumnya, tapi bagaimana saat cuaca sedang panas dan AC yang kamu gunakan bocor? Tentu kita akan panik dan khawatir tentang apa penyebab AC yang bocor tiba-tiba. 

AC yang bocor belum tentu kita perbaiki dengan mudah, hal ini dapat kita atasi dengan memangil ahli teknisi sendiri. Selain itu ketika cuaca panas dan AC tidak dapat bekerja akan membuat kita sulit produktif dari biasanya. Untuk kamu yang sedang mengalami AC bocor, berikut di bawah ini apa saja penyebab AC bocor yang mungkin kamu alami:

1. Filter Udara Kotor

AC - Vania
Ilustrasi AC/https://www.shutterstock.com/Fizkes

Filter udara pada AC memang lebih mudah kotor, hal ini ternyata dapat menghalangi alira udara dan mempersulit udara untuk mengenali koil evaporator. Tak hanya itu kumpulan ini juga akan menjadi dingin bahkan membeku, terkadang mereka akan mencair dan menghasilkan kelebihan air yang terlalu banyak untuk kamu tahan. Proses inilah yang terkadang akan membuat AC menjadi bocor, kamu perlu memperbaiki filter dan menggantinya. 

2. Intalasi Salah

Jika kamu baru saja memasang AC dan mengetahuinya sudah bocor maka hal ini perlu kamu perhatikan lagi, apakah kamu sudah memasangnya dengan seusai atau belum. 

3. Refrigeran Bocor

AC - Vania
Ilustrasi AC/https://unsplash.com/Carlos Lindner

Jika kebocoran AC yang kamu alami diikuri dengan hembusan udata yang lebih hangat dari biasanya, maka hal ini dikarenakan refreigeran. Refrigeran sendiri memiliki fungsi untuk mengubah udara yang hangat di ruangan menjadi udara yang sejuk, inilah yang menjadi kelebihan AC dan membuatnya banyak diminati. Tapi masalah ini baiknya untuk memanggil teknisi agar memperbaiki refrigerant AC yang bocor, hal ini juga bahaya untuk kesehatan tubuh kamu. 

4. Pipa yang Sudah Tua

AC yang digunakan selama bertahun-tahun, maka akan membuat lapisan pada pipa AC menjadi lebih rusak. Hal ini juga dapat menyebabkan kebocoran, kamu dapat mencari penutup baru untuk pipa. Tapi jika AC masih bocor ketika kamu mengganti pipa, ada baiknya untuk memeriksa dan bertanya kepada teknisi. 

5. Terdapat Jamur

AC
Ilustrasi AC/https://www.shutterstock.com/BaLL LunLa

Salah satu penyebab AC bocor adalah adanya drainase yang tersumbat, hal ini mungkin dapat disebabkan oleh kotora, debu, dan jamur yang menghalangi aliran air. Air akan berusaha mencari jalan keluar lain sehingga akan menyebabkan AC bocor. Jika kamu membiarkan masalah ini terlalu lama, maka akan menganggu masalah kesehatan kamu terutama pernapasan. 

6. Kebocoran Udara

Kebocoran udara merupakan salah satu alasan yang paling umum dan dapat menyebabkan AC bocor dan menteskan air, Selain itu untuk memiliki fungsi yang optimal, maka udara yang mencapai AC harus melewati ventilasi. Hal ini dikarenakan udara tidak melewati ventilasi sebagaimana mestinya.

7. Filter AC di Blokir

AC - Vania
Ilustrasi AC/https://www.shutterstock.com/Andrey_Popov

Filter AC yang diblokir merupakan salah satu alasan paling umum mengapa AC mengeluarkan air atau bocor. Ketika filter udara yang tersumbar maka akan menghambat aliran udara tersebut melalui sitem, hal ini terkadang akan mengakibatkan pembekuan udara. terkadang jika kamu mematikan AC atau suhu udara yang kamu inginkan tercapai, maka akan terbentuk filter yang mulai mencair.

8. Perawatan yang Buruk

Seperti peralatan rumah lainnya, AC juga membutuhkan perawatan yang baik dan benar sesuai dengan kapasitas yang kamu gunakan. Pastikan kamu membersihkan unit sesering mungkin, dan mencari bantuan profesional jika dibutuhkan. Kamu juga perlu memeriksa apakah koil evaporator ini berfungsi dengan baik atau tidak, dan memastikan tidak ada yang berkarat. 

9. Kumparan AC Beku

AC
Ilustrasi AC/https://www.shutterstock.com/Andrey_Popov

Kumparanevaporator terletak pada bagian dalam AC, jika hal ini membuka pintu AC dan kamu menemukan koil yang berkumpul didalamnya, maka kecepatan pencairan lebih lambat dari ini dan akan menyebabkan air tumpah ke panci pembuangan.

10. Suhu Luar Terlalu Dingin

Ketika suhu luar yang terlalu dingin, maka akan membuat AC kamu menjadi beku. Hal ini terjadi terutama di malam hari, ketika suhu turun di bawah 60 derajat Fahrenheit karena akan mempengaruhi koil pendingin.

Cara Mengatasi AC Bocor

AC
Ilustrasi AC/https://www.shutterstock.com/Fizkes

Bagaimana cara mengatasi AC yang bocor? Untuk memperbaiki masalah AC yang bobor kamu perlu untuk mengambil tindakan seperti membersihkan saluran, pembuangan kondensat, dan bagian dalam. Berikut beberapa tips yang dapat kamu ikuti untuk mengatasi AC yang bocor:

  • Membersihkan Saluran Udara : Kondensor akan menyedot udata yang panas dari kamar kamu dan mendingan udara, lalu akan melepaskan udara dingin ke dalam ruangan. Ada baiknya bagi kamu untuk merawat secara rutin dan membersihkan kotoran yang mengakibatkan saluran tersumbat. 
  • Membersihkan Interior dan Eksteroir : Selanjutnya kumparan interior termasuk evaporator dan kumparan kipas, perlu kamu bersihkan untuk mencegah ac bocor. 

AC yang bocor tentu akan menganggu kamu untuk memperoleh udara yang sejuk dari AC, selain itu terkadang hal ini juga akan membahayakan kesehatan tubuh kamu. Perlu kamu tahu bahwa AC juga memiliki perawatan yang khusus dan perlu kamu bersihkan setiap bulannya agar terhindar dari beberapa masalah.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela