5 Cara Tenangkan Diri setelah Melewati Hari yang Buruk

Endah Wijayanti25 Jan 2022, 14:45 WIB
Diperbarui 25 Jan 2022, 16:08 WIB
perempuan dan soal serba bisa

Fimela.com, Jakarta Tidak semua hari berjalan lancar. Ada hari-hari baik dan menyenangkan, tetapi ada juga hari-hari buruk dan penuh kesialan. Bahkan ada hari yang terasa lebih berat dari biasanya. 

Mengalami dan menghadapi hari yang buruk bisa membuat kita merasa insecure. Merasa rendah diri dan kehilangan semangat untuk menyambut esok hari. Akan tetapi, ada beberapa cara dan langkah sederhana yang bisa dicoba untuk kembali tenang setelah melewati hari yang tak menyenangkan.

1. Hadirkan Napas dengan Sadar

"Jika kita ingin menepis awan kelabu dalam pikiran kita, jagalah batin agar tetap berada di masa kini. Awan pikiran hanya akan muncul di masa lalu atau masa depan. Bawalah batin kita ke masa kini dan pikiran kita akan tenang," tulis Haemin Sunim dalam bukunya, The Things You Can See Only when You Slow Down. Saat mengalami atau melewati hari yang buruk, coba hadirkan napas dengan sadar. Tarik dan embuskan napas perlahan, ulangi beberapa kali sampai ada aliran ketenangan yang hadir dalam diri.

2. Terima Semua yang Telah Terjadi

santai tenang mencintai diri sendiri minum kopi
ilustrasi./Copyright Prostock-studio/Shutterstock

"Ketika komplain hadir kebahagiaan menghilang, sedangkan penerimaan dan kebahagiaan adalah saudara kembar yang kerap hadir bersama-sama," tulis Gobind Vashdev dalam Happiness Inside.

Mengeluh dan komplain terus menerus takkan menyelesaikan apa-apa. Maka dari itu, cobalah untuk menerima realitas yang ada. Terima semua kenyataan dan pengalaman yang ada. Semakin kita rela menerima semua yang terjadi, semakin tenang dan bahagia diri kita nantinya.

3. Fokus pada Hal-Hal yang Bisa Diperbaiki

perempuan mandiri itu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Tak semua hal dalam keseharian bisa kita kendalikan, tapi kita selalu bisa membuat pilihan untuk jalani hari ke depannya dengan kemampuan yang lebih baik lagi. Daripada menyesali semua hal buruk  yang terjadi pada sebuah hari, coba untuk fokus membuat rencana-rencana yang lebih baik ke depannya lagi. 

4. Buat Kebahagiaan untuk Diri Sendiri

tersenyum bahagia tenang kalem mandiri
ilustrasi./copyright by atiger/Shutterstock

Ciptakan kebahagiaanmu sendiri hari ini. Meski ada banyak hal tak mengenakkan yang terjadi hari ini, kamu masih bisa menciptakan kebahagiaan baru dari hal sederhana. Daripada menghabiskan energi dan tenaga menyesali yang sudah terjadi, mending fokus menyibukkan diri dengan hal-hal yang masih bisa dikerjakan saat ini. Buatlah kebahagiaanmu sendiri agar bisa kembali nyaman.

5. Ambil Hikmah

cuek mandiri percaya diri
ilustrasi/copyright by mentatdgt (Shutterstock)

Setiap hal dan pengalaman dalam hidup bisa memperkaya batinmu. Maka, coba ambil hikmah dan pelajaran yang ada dari kejadian yang sudah berlalu. Setidaknya berterima kasihlah pada dirimu sendiri yang sudah berjuang dan bertahan melewati hari yang tak menyenangkan ini.

Semoga ke depannya kita bisa menjalani keseharian dengan lebih baik lagi, ya. Meski ada hari-hari buruk yang harus dilewati, yakinlah hari-hari baik juga akan terus mengiringi.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela