Sukses

Lifestyle

Cara dan Manfaat Membuat Jurnal untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Jurnal menawarkan manfaat fisik dan emosional yang luar biasa. Pada hari-hari yang cukup sulit, membuat jurnal membantu kita menjernihkan pikiran. Menemukan cara yang sehat untuk mengekspresikan diri adalah salah satu cara untuk mengatasi emosi yang berlebihan. Dan membuat jurnal sebenarnya dapat membantu meringankan kesusahan kita ketika kita sedang berjuang.

Pengalaman itu mungkin tidak selalu menyenangkan. Kadang-kadang kamu bahkan mungkin harus memaksakan diri untuk duduk dan menuliskan emosimu. Bahkan, itu bahkan bisa membuatmu merasa lebih buruk setelah kamu menulis, membuatmu merasa lebih sedih atau bersalah karenanya. Namun, dalam jangka panjang, kita dapat merasakan manfaatnya.

Mengapa Harus Membuat Jurnal?

Menulis jurnal adalah cara mengungkapkan emosi alih-alih memendamnya, yang diketahui berbahaya bagi kesehatan kita. Kita mampu mengatur pikiran dan perasaan di atas kertas sehingga tidak lagi menempati ruang di kepala kita. Menuliskan pikiran memungkinkanmu untuk mengidentifikasi pikiran dan keyakinan yang memicu stres yang merupakan distorsi dari kenyataan.

Ini benar-benar dapat membantu orang bangkit dari masa-masa sulit mereka, memungkinkan mereka untuk melepaskan emosi negatif yang terpendam, membuat mereka tetap dalam kerangka berpikir yang lebih positif. Menulis jurnal tentang kekhawatiran menenangkan dan membantumu menemukan solusi untuk masalahmu.

Bagaimana Membuat Jurnal?

Dianjurkan untuk menuliskan pemikiran di atas kertas karena itu memaksamu untuk memperlambat dan membantumu menghilangkan stres. Tujuan akhirnya adalah untuk menjadi sadar diri. Bereksperimenlah dengan menulis di atas kertas, laptop, atau ponsel untuk melihat mana yang paling cocok untukmu.

Jadwalkan Kapan Membuat Jurnal

Jadikan penjurnalan sebagai bagian dari rutinitas harianmu dengan menjadwalkannya. Jika kamu seorang pecinta kopi pagi yang rajin, biasakan untuk menuliskan beberapa baris saat kamu menyesapnya di tengah jalan. Atau, jika kamu ingin bersantai dengan serial film di malam hari, tulis beberapa baris sebelum kamu mulai menonton.

Ada begitu banyak manfaat saat kamu dapat membuat jurnal, tentunya akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mentalmu.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading