Sukses

Lifestyle

Sedekat Apa pun Pertemanan, Tetap Perlu Saling Hargai Kesibukan Pribadi

Fimela.com, Jakarta Teman atau sahabat bisa datang dan pergi. Seiring pertambahan usia, lingkaran pertemanan bisa ikuta berubah. Meski kadang pertemanan tak bisa terus menetap dan sama setiap waktu, tetap saja kita perlu bersyukur jika masih memiliki pertemanan yang hangat.

Semakin dewasa, kita akan dihadapkan pada banyak tanggung jawab baru. Dalam pertemanan, kita pun makin menyadari pentingnya untuk tetap saling menghargai privasi dan kesibukan masing-masing. Sedekat apa pun pertemanan, tetaplah penting untuk saling menghargai privasi dan kesibukan pribadi.

Berteman Bukan Mengekang

“No person is your friend who demands your silence, or denies your right to grow.”― Alice Walker

Teman terbaik bisa jadi teman yang saling memberi ruang untuk bertumbuh. Saling mendukung impian masing-masing serta saling menghormati kesibukan yang dimiliki. Berteman tidak selalu harus menghabiskan setiap waktu bersama. Berteman bukan mengekang, karena teman terbaik justru saling memberi ruang untuk bertumbuh.

 

Teman yang Baik akan Saling Pengertian

“Don’t walk in front of me… I may not follow

Don’t walk behind me… I may not lead

Walk beside me… just be my friend”― Albert Camus

Saling pengertian dan saling perhatian, ikatan pertemanan yang memiliki hal tersebut akan terus bertahan. Mungkin intensitas pertemuan tidak sesering sebelumnya, tapi selama bisa saling mengerti satu sama lain makan pertemanan bisa terjaga dengan baik. 

 

Prioritas Hidup Bisa Berubah Seiring Waktu

“I think if I've learned anything about friendship, it's to hang in, stay connected, fight for them, and let them fight for you. Don't walk away, don't be distracted, don't be too busy or tired, don't take them for granted. Friends are part of the glue that holds life and faith together. Powerful stuff.”― Jon Katz

Kalau dulu bisa menghabiskan banyak waktu bersama dengan teman-teman sebab punya kesibukan yang hampir sama, kini dengan prioritas hidup yang berubah dan berbeda waktu untuk bertemu teman bisa makin jarang. Memahami hal ini justru akan membuat kita makin dewasa dalam pertemanan. Prioritas berubah, kesibukan masing-masing pun berbeda. Saling menghargai kesibukan pribadi bakal makin menguatkan pertemanan yang ada.

“Friendship is the hardest thing in the world to explain. It's not something you learn in school. But if you haven't learned the meaning of friendship, you really haven't learned anything.”― Muhammad Ali

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, sepenting apa upaya untuk saling menghargai kesibukan masing-masing? Semoga ikatan pertemanan dan persahabatan yang ada saat ini bisa terus terjaga dengan baik, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading