7 Penyebab AC Tidak Dingin yang Bikin Ruangan Panas

Kezia Prasetya Christvidya26 Jan 2022, 09:45 WIB
Diperbarui 26 Jan 2022, 10:40 WIB
ac

Fimela.com, Jakarta Di zaman modern ini, ada banyak sekali orang yang menggunakan AC atau Air conditioner untuk mendinginkan ruangan. Tak hanya sebagai pendingin, AC juga memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan udara, serta membuat ruangan lebih nyaman untuk melakukan produtivitas.

Tetapi kalau kondisi AC tidak dingin, tentu saja membuat ruangan terasa panas, udara menjadi pengap, dan tidak nyaman untuk digunakan. Salah satu penyebab AC tidak dingin adalah karena suhu udara di luar terlalu panas. Tapi bisa juga disebabkan karena AC rusak.

Kerusakan AC ini harus segera diatasi, agar AC menjadi dingin dan ruangan lebih nyaman digunakan. Berikut penyebab AC tidak dingin, dan ketahui cara mengatasinya:

Penyebab AC Tidak Dingin

ac
ilustrasi penyebab AC tidak dingin/Andrey_Popov/shutterstock

1. Unit Pendingin Kotor

Kebiasaan tidak pernah membersihkan AC secara rutin bisa menyebabkan unit pendingin menjadi kotor. Unit pendingin kotor ini biasaya dipenuhi oleh debu dan kotoran yang menempel di penyaringan atau filter AC. Kondisi inilah yang jadi penyebab AC tidak dingin.

2. Gas Pendingin Bocor

Penyebab AC tidak dingin yang selanjutnya, yaitu karena terjadi kebocoran pada bagian gas pendingin. Jika gas pendingin bocor, maka AC akan kekurangan gas pendingin, sehingga AC tidak dingin saat digunakan. Kamu bisa mengganti saluran gas yang rusak dan melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan kapasitas gas pendingin cukup, untuk mendinginkan ruangan dalam jangka waktu lama.

3. Ada Kerusakan dalam Sistem Kelistrikan

Saat sistem kelistrikan pada AC mengalami kerusakan, maka AC tidak dingin dan bisa menyebabkan korsleting. Sistem kelistrikan AC ini sangat berpengaruh terhadap pendingin yang ada di AC. Kerusakan pada sistem kelistrikan biasanya disebabkan karena AC tidak pernah dirawat atau diservis.

Penyebab AC Tidak Dingin yang Selanjutnya

AC
ilustrasi penyebab AC tidak dingin/Andrey_Popov/shutterstock

4. Suhu Udara di Luar Ruangan Terlalu Panas

AC tidak dingin bisa disebabkan karena suhu terlalu panas di luar ruangan tempat tinggalmu. Panasnya suhu di luar ruangan ini, menyebabkan AC tidak berfungsi dengan baik. Apalagi jika kamu tinggal di daerah industri atau pantai yang sangat panas pada siang hari.

5. Sistem Evaporator yang Membeku

Kalau kamu terlalu sering menggunakan AC, maka sistem evaporator yang ada di dalam AC bisa membuku. Hal ini bisa dijadikan penyebab AC tidak dingin. Sebaiknya gunakan AC seperlunya saja, dan gunakan timer pada AC untuk mematikan AC secara otomatis setelah ruangan dingin.

6. Pipa Drainase yang Tersumbat

Sahabat Fimela harus rajin membersihkan AC, agar pipa drainase tidak tersumbat kotoran atau ditumbuhi lumut. Pipa drainase ini memiliki fungsi untuk membuang air dari sisa pendingin udara. Sehingga pipa drainase sangat berisiko ditumbuh lumut dan menyebabkan AC tidak dingin.

7. Masalah Pada Sensor Pendingin Otomatis

Penyebab AC tidak dingin yang terakhir adalah karena terdapat masalah pada sensor pendingin otomatis. Jika sensor otomatis mengalami kerusakan, maka AC tidak dapat mendeteksi udara di dalam maupun di luar ruangan. Sehingga AC tidak bisa bekerja secara optimal.

Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

AC
ilustrasi penyebab AC tidak dingin/Andrey_Popov/shutterstock

Tak perlu khawatir jika memiliki AC tidak dingin di rumahmu. Karena AC tidak dingin dapat diatasi dengan cara yang mudah. Cara yang pertama yaitu ketahui luas ruangan yang akan dipasangi AC, kemudian belilah AC yang bisa memenuhi kebutuhan ruanganmu.

Kemudian, bersihkan AC secara rutin dan lakukan pengecekan AC secara berkala. Hal ini dilakukan agar pendingin yang ada di AC tidak tersumbat kotoran, dan menghindari korsleting pada AC. AC yang sering dirawat akan lebih dingin dan bersih, sehingga bekerja secara optimal saat mendinginkan udara di ruangan.

Usahakan saat menggunakan AC, jangan ada pintu atau jendela yang terbuka. Karena hal ini bisa mengurangi kinerja AC dan menyebabkan AC tidak dingin. Lebih baik gunakan AC seperlunya saja atau gunakan timer untuk mematikan AC secara otomatis, agar kualitas pendingin AC tetap terjaga dan tidak mudah rusak.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela