Jangan Menunggu Orang Lain Membahagiakanmu, 5 Cara Menjadi Perempuan Tegar

Endah Wijayanti26 Jan 2022, 12:15 WIB
Diperbarui 26 Jan 2022, 12:15 WIB
lebih bahagia

Fimela.com, Jakarta "Saya berharap kita semua bahagia. Tapi jangan menunggu orang lain untuk membahagiakan diri kita. Ambillah keputusan untuk membahagiakan diri sendiri dan lakukanlah. Jangan menyerahkan kuasa untuk membuat kita bahagia kepada orang lain," tulis Haemin Sunim dalam bukunya, Love for Imperfect Things. 

Ada benarnya bahwa kita tak bisa selalu menggantungkan kebahagiaan pada orang lain. Kita tak bisa menunggu orang lain membahagiakan kita. Sebab kebahagiaan kita adalah tanggung jawab kita. Kita tak bisa terus menuntut orang lain atau keadaan untuk membuat kita bahagia. Saatnya untuk menjadi perempuan dengan hati yang lebih tegar dengan memilih untuk menciptakan kebahagiaan sendiri.

1. Hargai Diri Sendiri

Merasa belum bisa bahagia karena tidak ada yang mencintai apa adanya? Maka, coba untuk mencintai diri sendiri lebih dulu. Langkah awalnya dengan menghargai diri sendiri lebih dulu. Mengutip buku How to Respect Myself, "tahu bahwa diri pantas dicintai" adalah konstruksi dasar agar cinta dapat terus berjalan. Cinta tidak akan stabil jika konstruksi ini patah. Sadari dan yakini bahwa kita pantas dicintai. Saat sudah meyakini hal ini, kita bisa memiliki keteguhan hati yang lebih kuat. Sehingga tidak menggantungkan diri selamanya kepada orang lain untuk merasakan cinta atau bahagia.

 

2. Beri Hadiah untuk Diri Sendiri

childhood dan jayapura
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/VitalyRomanovich

Kadang perlu juga membeli sesuatu sebagai bentuk hadiah untuk diri sendiri (self reward) selama itu masih sesuai dengan kemampuan kita. Memberi hadiah untuk diri sendiri selain bisa jadi motivasi baru untuk bekerja lebih keras lagi, juga bisa membuat kita lebih bahagia dan bersemangat dalam menjalani keseharian. Kebahagiaan bisa diciptakan dengan cara sesederhana memberi hadiah kecil untuk diri sendiri.

3. Membantu Orang Lain Bahagia

childhood dan tanpa listrik
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/jaboo2foto

Melakukan hal positif untuk orang lain bisa mengalirkan energi positif yang baru untuk diri kita sendiri. Tak harus dengan materi atau banyak uang untuk membuat orang lain bahagia. Membuat orang lain tersenyum bisa membuatmu ikut tersenyum. Lakukan sesuatu untuk berbagi kebahagiaan, maka kebahagiaan yang akan kita dapatkan bisa berlipat ganda. Sebuah hal kecil yang kita lakukan untuk membuat orang lain bahagia bisa menghadirkan rasa bahagia dan kepuasan batin tersendiri untuk kita. 

4. Perjuangkan Impian Sendiri

childhood dan komidi putar
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/pnsam

Memperjuangkan impian sendiri bisa membuat ktia lebih tegar. Tentu akan ada proses jatuh bangun dan banyak kegagalan yang harus kita hadapi. Namun, dari situ kita bisa lebih menghargai setiap proses dan membuat kita bahagia menjalani hidup yang bermakna. Serta, tidak ada kata terlambat untuk memperjuangkan impian sendiri.

 

5. Merawat Diri Sebaik Mungkin

childhood dan rumah pohon
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Day2505

Bisa menjaga pola makan sehat atau pola hidup seimbang bisa membuat energi positif dari dalam dirimu terpancar dengan mudah. Memiliki tubuh yang sehat bisa menghadirkan aura positif. Merawat diri dengan baik juga bisa membuatmu merasa bahagia. Setidaknya dengan menjaga diri sebaik-baiknya, kita bisa menemukan kenyamanan dari dalam diri sendiri.

Sudah siap untuk menjadi perempuan yang lebih tegar sekaligus bahagia? Semoga cara-cara di atas bisa memotivasi dan menggerakkan hidup hidup kita ke arah yang lebih baik lagi.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela