Sukses

Lifestyle

5 Cara Menemukan Kebahagiaan dalam Pekerjaan

Fimela.com, Jakarta Sering kita mendengar bahwa hidup adalah pilihan. Termasuk pilihan dalam urusan pekerjaan. Ada yang memilih untuk bekerja karena keadaan, ada juga yang memilih untuk bekerja sebagai bentuk aktualisasi diri. 

Sungguh beruntung bila kita bisa menemukan atau menekuni pekerjaan sesuai dengan keinginan. Namun, bukan berarti kita akan mengalami kesialan jika belum mendapatkan pekerjaan impian. Mengutip buku Love for Imperfect Things, "Kita salah jika mengira pekerjaan impian kita akan selalu menyenangkan dan menarik. Setiap pekerjaan memiliki bagian yang membosankan. Ingatlah bahwa akan selalu ada ujian yang harus dilewati sebelum sesuatu membuahkan hasil." Setiap pekerjaan punya tantangannya sendiri, dan kita selalu bisa mencoba berbagai cara untuk menekuni pekerjaan kita dengan bahagia.

1. Jadikan Tantangan sebagai Batu Loncatan

Berbagai kesulitan dan tekanan yang berhasil kamu atasi menjadi batu loncatan untuk menjadi perempuan yang lebih kuat. Dalam pekerjaan yang kita tekuni, akan ada tantangan berat yang harus dihadap dan ditaklukkan. Alih-alih menyesali atau mengutuk keadaan, coba jadikan semua itu sebagai batu loncatan. Sebab dari setiap tantangan yang berhasil ditaklukkan, hadir kepuasan batin yang meningkatkan kebahagiaan.

2. Kelola Waktu dengan Baik

Dalam sehari ada 24 jam, kamu pun senantiasa membagi waktumu untuk semua urusan pekerjaan dengan seimbang. Imbangi rutinitas bekerja dengan jadwal istirahat yang cukup. Kalau pun ada lembur pekerjaan, imbangi dengan mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Saat sudah memaksimalkan setiap waktu yang ada, kita bisa menghadirkan kebahagiaan dan kenyamanan untu diri sendiri.

3. Izinkan Diri untuk Bertumbuh

Meski pekerjaanmu tak selalu mudah dan serba sempurna, tapi kamu bisa selalu mengusahakan segala hal yang terbaik dalam hidupmu. Kamu menyadari ada hal-hal yang masih ada dalam kendali atau kontrol diri, tapi ada juga yang tak bisa kamu ubah sekuat apa pun kamu berusaha dalam setiap pekerjaan. Teruslah  bertumbuh dan berproses di bidang apa pun yang kamu tekuni. Izinkan diri untuk mencoba hal-hal baru dan terus mengasah serta menggali potensi diri terbaik. Hidup yang bermakna akan membuatmu lebih bahagia.

4. Berdamai dengan Rasa Tidak Nyaman

Kalau memang sedang ingin menyepi atau menyendiri di tengah rutinitas pekerjaan yang mulai membuatmu tertekan, lakukan saja. Jika memang sedang butuh waktu tanpa diganggu oleh siapa pun agar bisa lebih tenang, lakukan saja. Tak apa. Ketika mulai stres, jenuh, lelah, atau tak nyaman, izinkan semua rasa itu mengalir. Mungkin ini justru sinyal dirimu sedang butuh waktu untuk rehat.

5. Syukuri Setiap Hal yang Bisa Diselesaikan

Ambil jeda sejenak. Tepuk bahumu dengan lembut. Berterima kasihlah pada dirimu yang sudah berjuang bahkan bertahan menjalani pekerjaan yang ada hingga saat ini. Rasa bosan dan lelah masih akan menyertai rutinitas pekerjaanmu, tapi selalu ada celah untuk bisa tersenyum dan bersyukur.

Ketika kamu memutuskan untuk terus melangkah alih-alih menyerah, di situlah bukti bahwa dirimu adalah sosok yang luar biasa. Memperjuangkan sesuatu sendirian apalagi bila pekerjaanmu adalah pilihan yang tak mudah bagimu, bangkit dari kegagalan sendirian, hingga mengumpulkan kepingan kekuatan untuk melangkah sendirian bukan hal mudah.

Sudah berusaha melakukan yang terbaik pada akhirnya bisa membuatmu bahagia. Semoga pekerjaan yang kamu tekuni ini bisa menghadirkan perjalanan hidup yang bermakna, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading