Jangan Panik, Kenali 7 Penyebab Handphone Mati Sendiri

Kezia Prasetya Christvidya26 Jan 2022, 10:43 WIB
Diperbarui 26 Jan 2022, 12:10 WIB
hp

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang nggak panik kalau tiba-tiba handphone mati sendiri, padahal dalam keadaan darurat dan sangat membutuhkan handphone? Tentu saja handphone mati sendiri bisa bikin seseorang panik.

Handphone atau yang sering disebut dengan smartphone adalah barang elektronik yang sering digunakan di era digital ini. Fungsi utama dari handphone adalah sebagai alat komunikasi. Selain itu, handphone juga bisa digunakan untuk mendokumentasikan momen, mengakses internet dan mempermudah pekerjaan. Sehingga handphone mati sendiri bisa menyebabkan seseorang panik dan khawatir.

Kalau handphone mati sendiri karena kehabisan baterai, pastinya masih bisa diatasi dengan mengisi ulang daya. Tapi bagaimana kalau handphone mati total dan tidak bisa nyala lagi? Agar tidak panik, yuk kenali penyebab handphone mati sendiri dan cara mengatasinya:

Penyebab Handphone Mati Sendiri

hp
ilustrasi penyebab handphone mati sendiri/ Anomaly/unsplash

1. Baterai Habis

Penyebab handphone mati sendiri yang pertama, yaitu karena baterai habis dan lupa diisi dayanya. Kalau kondisi baterai di handphone masih bagus, maka handphone dapat nyala kembali saat diisi daya. Tetapi kalau kondisi baterai sudah bocor atau rusak, maka handphone mudah mati sendiri dan tidak bisa hidup lagi.

2. Ada Banyak File Sampah di Handphone

Sering kali muncul notifikasi file di dalam handphone penuh. Hal ini bisa menyebabkan handphone lemot, perangkat menjadi panas dan mati sendiri. File yang memenuhi handphone ini disebut dengan file sampah atau cache. Biasanya file ini tersimpan secara otomatis dan memenuhi data di dalam handphone. Untuk itu, hapus cache atau file sampah dengan aplikasi khusus, untuk mencegah perangkat panas dan mati sendiri.

 

3. Kerusakan Pada Sistem Aplikasi

Walaupun sistem semakin canggih, tetapi tetap saja ditemukan beberapa kerusakan pada sistem di dalam handphone. Terutama pada sistem aplikasi yang menyebabkan handphone mati sendiri. Biasanya hal ini disebabkan karena ada bug dan virus dalam aplikasi. Untuk memperbaiki kerusakan pada sistem aplikasi, akan muncul permintaan install ulang atau mengunduh pembaharuan sistem perangkat lunak yang baru.

Penyebab Handphone Mati Sendiri

hp
ilustrasi penyebab handphone mati sendiri/Mediamodifier/unsplash

4. Handphone Overheat

Penyebab handphone mati sendiri yang selanjutnya adalah karena hanphone overheat. Kondisi ini disebabkan karena handphone terlalu sering digunakan, sehingga perangkat sangat panas dan tiba-tiba mati sendiri. Jika kondisi ini sering terjadi, maka akan mengakibatkan kerusakan pada bagian perangkat keras maupun perangkat lunak pada handphone.

5. Melakukan Root

Melakukan root pada handphone digunakan untuk membuka banyak akses pada smartphone, agar pengguna bisa mengakses banyak sistem handphone. Tetapi melakukan root sama saja merusak sistem dasar yang terdapat pada handphone. Melakukan root sangat berisiko menyebabkan handphone mati sendiri.

6. CPU dan Memori RAM Terlalu Penuh

Jika CPU dan memori RAM terlalu penuh, maka handphone akan mati sendiri dan mengatur ulang semua sistem yang ada di handphone. Kondisi ini sering terjadi saat kamu menggunakan aplikasi yang terlalu berat di handphone, seperti aplikasi game. Untuk itu, jangan terlalu sering menggunakan aplikasi berat yang melebihi CPU dan memori RAM.

7. HP Sering Jatuh dan Kemasukan Air

Penyebab handphone mati sendiri yang terakhir, yaitu karena handphone terlalu sering jatuh, apalagi jika handphone pernah kemasukan air. Hal ini bisa menyebabkan komponen handphone mengalami kerusakan, dan handphone yang mati total akan susah untuk hidup lagi.

Cara Mengatasi Handphone Mati Sendiri

hp
ilustrasi handphone mati sendiri/Charlz Gutiérrez De Piñeres/unsplash

Tak perlu panik terlebih dahulu kalau handphone mati sendiri. Kalau handphone mati sendiri karena kehabisan baterai, sebaiknya biarkan handphone diisi ulang dayanya dalam keadaan mati, agar perangkat tidak mengalami overheat. Tetapi kalau kondisi baterai handphone bocor, sebaiknya segera ganti baterai dengan yang baru. Karena bisa menyebabkan kerusakan total pada handphone.

Kalau kamu mendapatkan notifikasi sistem data penuh, sebaiknya segera kosongkan atau hilangkan data yang tidak diperlukan di handphone. Karena data penuh bisa menyebabkan handphone mati sendiri. Kemudian, lakukan pembaharuan perangkat lunak yang baru, untuk menghilangkan bug dan virus penyebab handphone mati sendiri.

Terakhir, jangan panik kalau handphone mati setelah jatuh atau terkena air. Sebaiknya biarkan handphone dalam keadaan mati, lepaskan semua komponen pada handphone yang bisa dilepas. Keringkan handphone dengan handuk kering atau tisu kering, tunggulah sampai handphone benar-benar kering dan nyalakan setelahnya. Jika tetap tidak bisa menyala, bawahlah ke tempat servis handphone.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela