3 Penyebab Oli Motor Bocor dan Manfaatnya yang Perlu Kamu Tahu

Vania Al kautsar26 Jan 2022, 12:59 WIB
Diperbarui 26 Jan 2022, 15:09 WIB
Motor - Vania

Fimela.com, Jakarta Salah satu kendaraan yang beroda dua dan digerakan oleh mesin ini sering kali kita jumpai di Indonesia, yaitu Motor. Motor seringkali digunakan oleh banyak orang karena memiliki body yang lebih kecil dan nyaman untuk di bawa kemanapun, meski terkadang saat hujan kita harus menggunakan mantel terlebih dahulu, Tapi banyak orang yang mengatakan bahwa motor merupakan kendaraan yang memiliki fungsi cukup banyak.

Saat motor kamu digunakan sudah lebih dari beberapa bulan, biasanya akan mengganti oli. Hal ini dilakukan agar suhu mesin terjaga, komponen mesin yang lebih awet, hemat bahan bakar, dan performa yang perlu diperbaiki. Tapi, terkadang kita tidak tahu bagaimana dan kapan mengganti oli motor yang tepat.

Ketika kamu baru saja membeli motor biasanya akan diberikan buku panduan yang tertera kapan kamu harus mengganti oli motor tersebut, hal ini biasanya berkaitan dengan jarak tempuh yang sudah kamu lalui. Tapi sayangnya oli motor juga bisa bocor, bagi kamu yang penasaran cek di bawah ini untuk tahu apa saja penyebab oli motor bocor yang bikin panik:

1. Volume Oli yang Terlalu Banyak

Motor - Vania
Ilustrasi Motor/https://unsplash.com/Ian Taylor

Tahukah kamu bahwa volume oli yang brlebih terkadang akan membuat oli menjadi bocor. Jika kamu memperhatikan pada bagian dinding mesin kendaraan, biasanya akan mengetahui volume cairan pelumas yang disarankan. Selain itu hal ini bisa menunjukkan seberapa banyak kualitas pelumas pada mesin kendaraan.

2. Seal yang Rusak atau Habis

Motor - Vania
Ilustrasi Motor/https://unsplash.com/Jia Ye

Seal atau karet jika berada pada posisi yang tidak prima juga akan menyebabkan bocornya oli pada sepeda motor, Selain itu jika beberapa komponen pecah maka akan membuat keretakan. Ternyata bahan seal yang digunakan yang terpapar oileh sinar maka akan menyebabkan tekstur menjadi keras, kamu perlu memperhatikan kapan seal yang harus diganti.

3. Packing Mesin yang Sudah Tua

Motor - Vania
Ilustrasi Motor/https://unsplash.com/Ryo Yoshitake

Faktor selanjutnya juga dapat dipengaruhi oleh packing mesin motor yang sudah bocor, ternyata hal ini dikarenakan faktor pemakaian motor yang sudah lama. Jika kamu merasa kendaraan sudah cukup tua, ada baiknya untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh.

Manfaat Mengganti Oli Motor

Motor - Vania
Ilustrasi Motor/https://unsplash.com/Harley Davidson
  • Suhu Mesin Terjaga : Ternyata manfaat dari mengganti motor adalah agar suhu mesin terjaga, jika kamu mengganti oli motor secara rutin maka akan membuat suhu mesin lebih terjaga secara maksimal.
  • Komponen Mesin Lebih Awet : Tak hanya itu, beberapa komponen mesin juga akan jauh lebih awet dan bekerja secara maksimal.
  • Hemat Bahan Bakar : Salah satu manfaat dari mengganti oli adalah memiliki bahan bakar yang hemat, yang membuat kamu irit pengeluaran untuk bensin.
  • Performa Mesin yang Terjaga : Selain memiliki komponen mesin yang lebih awet, ternyata manfaat lainnya adalah beberapa komponen yang lebih efektif dan terjaga.

Nah, mungkin kamu sering mengalami oli yang tiba-tiba bocor saat menggunakan motor. Tapi kamu tak perlu khawatir, bahwa ketika kamu mengalami masalah ini perlu ke teknisi untuk membenarkan dan mencari tahu penyebabnya. 

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela