5 Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Diri Sendiri

Baiq Nurul Nahdiat26 Jan 2022, 17:05 WIB
Diperbarui 26 Jan 2022, 17:30 WIB
Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Berdamai dengan diri sendiri bukanlah perkara yang mudah, karena ini bukan hanya tentang menerima kekurangan dan kelebihan diri saja. Tetapi mampu menerima segala yang terjadi dalam hidup dan mensyukurinya adalah salah satu bentuk berdamai dengan diri sendiri.

Berikut ini tanda kalau kamu sudah berdamai dengan diri sendiri.

1. Mampu memaafkan orang yang pernah membuat salah

Kamu mampu memaafkan orang yang pernah menyakitimu bahkan tanpa mereka meminta maaf terlebih dahulu. Karena kamu tahu tak ada gunanya menyimpan dendam dan dengan memaafkan kamu mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan hati.

2. Malas dengan perdebatan

Terkadang masalah dengan orang lain kerap membuat kita tersulut emosi, tapi kamu tak memilih jalan itu dan lebih memilih diam untuk menghindari perdebatan yang kurang perlu. Kamu mengalah bukan karena tak mampu melawan tapi kamu tak mau menghabiskan energimu untuk sesuatu yang tak penting.

3. Selalu bersyukur

Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Diri Sendiri
Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Diri Sendiri. (Ilustrasi/Copyright shutterstock.com/farknotarchitect)

Bahkan, jika seisi dunia ini memperlakukanmu dengan buruk, kamu masih bisa tersenyum dan melihat semuanya dari sisi positif. Kamu bahkan selalu menemukan cara untuk selalu bersyukur setiap harinya.

4. Menyendiri untuk mendapatkan ketenangan

Terkadang saat banyak masalah dan tak tahu apa yang harus kamu lakukan, karena tak ada yang mengerti tentang kondisimu. Kamu lebih memilih untuk menyendiri daripada mengeluhkan masalahmu pada orang lain, sebab kamu tak ingin merepotkan mereka dengan masalahmu.

5. Tidak peduli dengan omongan orang

Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Diri Sendiri
Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Diri Sendiri. (Ilustrasi/Copyright shutterstock.com/Tirachard)

Kamu hidup untuk dirimu sendiri, jadi untuk apa peduli dengan omongan orang. Dan kamu tahu apa yang terbaik untuk hidupmu, sehingga omongan orang yang mencoba menjatuhkanmu tak akan mempan.

Nah, itulah sekian tanda yang menunjukkan kalau kamu sudah berdamai dengan dirimu sendiri. Apakah kamu sudah melakukannya?

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela