Apa Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Makan? Cek Di Sini

Vania Al kautsar27 Jan 2022, 10:25 WIB
Diperbarui 27 Jan 2022, 11:35 WIB
Makan - Vania

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu pernah merasa asam di mulut saat makan? Hal ini tentu akan menganggu kenikmatan makan kamu dan membuat nafsu makan kamu yang menurun dan berkurang. Saat makan terasa asam tentu akan membuat mulut kita menjadi pahit ketika mencoba beberapa makanan.

Rasa pahit pada mulut ini ternyata dapat terjadi karena beberapa masalah terutama, seperti kebersihan mulut yang buruk, hingga masalah lainnya yang cukup serius, hal ini juga dapat terjadi karena adanya infeksi jamur atau refluks asam. Tak hanya itu hal ini ternyata juga dapat disebabkan oleh merokok.

Terkadang rasa pahit pada mulut tidak akan berlangsung lama atau sering terjadi, tapi disarankan jika kamu mengalaminya untuk berkonsultasi ke dokter. Jika kamu baru-baru ini mengalami mulut yang pahit berikut kemungkinan penyebab yang dapat kamu tahu:

 

1. Dehidrasi

Dehidrasi
Ilustrasi Dehidrasi/https://www.shutterstock.com/Fizkes

Dalam beberapa kasus, rasa asam ini juga dapat berasal dari sesuatu yang sederhana, seperti kekurangan air putih. Dehidrasi yang kamu alami mungkin akan membuat mulut menjadi kering dan dapat mengubah indera perasa kamu. Mulai sekarang perhatikan seberapa jarang kamu minum air putih, ada baiknya untuk menjaga kesehatan dan lebih sering minum air putih.

2. Merokok

Merokok menjadi penyebab mulut yang teraa pahit, selain itu merokok juga dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Tak hanya itu ternyata merokok juga mengakibatkan penumpulan indera perasa kamu dan mungkin akan meninggalkan rasa asam atau tidak enak di mulut.

3. Tidak Menyikat Gigi atau Flossing dengan Benar

Cara Mengatasi Sariawan di Lidah
Ilustrasi Menyikat Gigi Credit: pexels.com/Diana

Tentu kebersihan mulut yang buruk akan membuat rasa asam di mulut kamu, kita biasanya akan melihat tata cara menyikat gigi dengan baik atau memflossing gigi dengan benar. Setidaknya kamu melakukan sikat gigi dua kali sehari dan floss sekali sehari.

4. Infeksi atau Penyakit

Ketika kamu sakit, seperti pilek maupun infeksi sinus biasanya akan membuat indera perasa merasakan efeknya. Selain itu hal ini juga akan membuat rasa asam yang menghilang.

5. Masalah Medis atau Pengobatan

Obat-Obatan
Ilustrasi Obat-Obatan/https://www.shutterstock.com/Andrii Avram

Terkadang hal ini bukan disebabkan oleh infeksi atau penyakit lainnya, tetapi obat-obatan yang mungkin kamu konsumsi akan menimbulkan efek yang tidak enak di bagian mulut.

Beberapa obat antibiotik yang mungkin kamu konsumsi akan memiliki efek seperti asam maupun pahit, tak hanya itu ternyata beberapa obat-obatan yang dijual bebas seperti antihistamin juga akan menyebabkan masalah ini.

6. Penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD)

Jika otot yang membuka dan menutup lubang antara kerongkongan dan perut  yang tidak menutup sepenuhnya setelah makan, tentu akan membuat makanan dan asam lambung kembali ke kerongkongan. Hal ini ternyata dapat menyebabkan rasa pahit di mulut saat kamu mengonsumsi beberapa makanan.

7. Usia Lanjut (Lansia)

Tua - Vania
Ilustrasi Tua/https://unsplash.com/Nick Karvounis

Seiring bertambahnya usia terkadang akan membuat kita merasakan sesuatu makanan atau mulut yang pahit dan asam, selain itu selera makanan akan menyusut dan menjadi kurang sensitif. Tentu hal ini yang akan mempengaruhi indera perasa kamu.

Jika kamu mengalami mulut yang pahit mungkin beberapa penyebab diatas menjadi masalahnya, tapi hal ini menunjukkan bahwa kamu kurang memperhatikan kesehatan mulut dan badan. Jangan lupa untuk menyikat gigi sehari dua kali dan lalukan dengan baik dan benar.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela