Sukses

Lifestyle

Penyebab Introvert dan Ciri-Ciri Kepribadiannya

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang suka bersosial, menyendiri, pendiam dan lain sebagainya. Sehingga kita harus saling menghargai perbedaan setiap orang.

Kepribadian seseorang bisa dibedakan menjadi dua, yaitu introver dan ekstrover. Namun menurut psikolog Carl Jung, ada orang yang memiliki kedua kepribadian di dalam hidupnya. Orang yang memiliki kedua kepribadian tersebut disebut dengan ambiver.

Kepribadian introver adalah jenis kepribadian yang lebih peka terhadap perasaan diri sendiri, daripada menyukai lingkungan interaktif seperti ekstrover. Sebagian orang seringkali membanding-bandingkan tiap kepribadian, padahal setiap kepribadian memiliki kelebihan masing-masing.

Agar tidak salah memahami kepribadian introver, yuk kenali penyebab introver dan ketahui ciri-cirinya yang unik beserta kelebihannya, yang dilansir dari beberapa sumber:

Penyebab Introvert

Seseorang yang memiliki kepribadian introver sering dianggap sebagai pribadi yang egois, pendiam dan tertutup. Apalagi ada stigma masyarakat yang menganggap bahwa orang introver mengalami gangguan kecemasan sosial. Padahal kepribadian ini sangat menyenangkan jika diajak bergaul, dan stigma masyarakat itu tidak benar.

Seseorang yang memiliki kepribadian introver ini, masih bisa berinteraksi dengan orang lain dan berkumpul dengan banyak orang. Tapi setelah ia berkumpul dengan banyak orang, ia akan kembali menyendiri untuk mengembalikan energi.

Secara garis besar, penyebab introver adalah karena faktor keturunan dan juga lingkungan sosial. Kalau kamu hidup di lingkungan keluarga yang introver, maka kepribadian ini akan terus berkembang dalam dirimu.

Ciri-Ciri Introver

1. Senang Menghabiskan Waktu Sendirian

Menurut Psychology Today, seorang introver memiliki ciri-ciri yang lebih suka menghabiskan waktunya sendiri, tetapi bukan berarti menyendiri. Seorang introver tetap senang bersosialisasi dan bertemu banyak orang, tapi setelah itu ia akan kembali dengan dirinya sendiri, untuk menambahkan energinya yang baru.

2. Sangat Mengenal Diri Sendiri

Seseorang dengan kepribadian introver lebih mengenal dirinya sendiri. Karena mereka memiliki banyak waktu untuk me time atau diri sendiri. Dengan mengenal diri sendiri, seorang introver bisa lebih peka terhadap perasaan dan keinginan kita sendiri.

3. Berbicara Jika Perlu

Sering dianggap sebagai kepribadian yang tertutup, padahal kepribadian ini senang berkomunikasi juga. Tetapi mereka akan berbicara jika perlu saja, dengan topik obrolan yang dianggap menarik perhatiannya dan berbobot. Ia tidak akan berbicara hal yang menurutnya tidak penting.

4. Punya Teman Dekat

Sebenarnya orang introver ini bukan orang yang hidup sendiri. Ia memiliki lingkungan pertemanan yang kecil, yang bisa mendukung dan sangat ia percayai. Kalau kamu akrab dengan orang yang introver, mereka akan memiliki sifat hangat dan awet dalam pertemanan.

5. Belajar Dari Pengamatan

Kepribadian introver sangat senang mempelajari sesuatu berdasarkan pengamatannya. Seorang introver akan menggunakan penglihatan atau pengamatan terhadap suatu keadaan, untuk mempelajari segala hal yang baru, bukan berdasarkan pengalaman atau pengamatan orang lain.

Kelebihan Introver

Kepribadian introver adalah kepribadian yang unik. Kepribadian ini memang sering dipandang sebelah mata oleh sebagian orang, padahal kepribadian introver memiliki kelebihan yang sangat menyenangkan.

Kepribadian introver bisa disebut sebagai sebuah anugerah. Karena kepribadian ini mampu membuat keputusan lebih baik, dan mampu berpikir kreatif karena otaknya penuh ide. Dalam menghadapi sebuah masalah, mereka tidak gegabah dalam bertindak dan tekun dalam berproses untuk menyelesaikannya.

Kepribadian introver akan cocok dijadikan sebagai sahabat baik, karena mereka mampi menjadi pendengar dan pemberi saran yang baik. Bahkan kepribadian ini tidak akan meninggalkanmu sendirian.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading